Opini

Jejak-Jejak Jokowi

Indah Pratiwi - 24/05/2022 09:30
Ditulis Oleh : Gunadi
FOKUS : Jokowi

Orang-orang asing itu “membaca” Presiden Kita dari berbagai sumber2 yg mereka peroleh dari para duta besarnya, intelejen, media2 kredibel, pengalaman para pengusaha swasta mereka, dan juga dari pertemuan para diplomat mrk, serta bnyk sumber2 yg lain2, tp jelas bukan dari hoax2 yg sering disembur oleh media2 hoax. Di bawah ini adalah sedikit gambaran yg membuat mereka “mengenal” presiden kita.Jokowi dulunya memiliki pabrik mebel.


Ketika dia terbang, dia duduk di kelas ekonomi.Dia sekarang salah satu pemimpin paling populer, progresif & visioner di Asia. Dia melakukan apa saja untuk memodernisasi bangsa & negaranya. Jokowi adalah presiden Indonesia ke-7 & saat ini sejak 2014. Dia adalah presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari latar belakang politik atau militer elit. Sebelum karir politiknya, ia adalah seorang industrialis, pengusaha, walikota & gubernur. Indonesia adalah negara yang paling beragam di dunia dengan:

– 274 juta orang-> 13.000 pulau- 300 kelompok etnis utama-> 600 bahasa diucapkan- pengekspor utama batubara termal, bijih nikel, timah olahan & minyak sawit.

Jokowi fokus pada infrastruktur, sumber daya manusia & pengembangan teknologi untuk memodernisasi Indonesia. Dia memperluas jalan & kereta api, pengembangan pelabuhan & bandara, & irigasi. Pada 2016, anggaran US$22 miliar disisihkan untuk infrastruktur, terbesar dalam sejarahnya. Di bawah ini adalah 10 proyek besarnya :

1. Rel Kecepatan Tinggi (HSR) Ini adalah HSR pertama di Indonesia yang dikenal dengan KCIC — Kereta Cepat Indonesia China.Jalur sepanjang 142 km menghubungkan Jakarta & Bandung dengan waktu tempuh kurang dari 45 menit. Diperkirakan akan siap pada akhir 2022. Rencananya akan diperpanjang hingga Surabaya.

2. Nusantara – Ibukota Baru Indonesia Itu sedang dibangun di Kalimantan Timur di Pulau Kalimantan & akan siap pada tahun 2024. Kota baru tersebut akan berlokasi di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara & sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara. Biayanya diperkirakan akan melebihi US$33 miliar.

 

 

3. Terminal 4 Bandara Jakarta Rencana tersebut saat ini sedang dalam tahap proposal desain oleh berbagai perusahaan lokal & internasional.Ini akan dibangun di atas lahan 130 hektar & akan melayani 45 juta penumpang setiap tahunnya. Menurut berita sebelumnya, diharapkan akan siap pada tahun 2024.

4. Jalur Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta meluncurkan layanan tersebut pada 2018. Waktu perjalanan adalah 55 menit, memotong waktu mengemudi hingga setengahnya atau lebih.

5. LRT & MRT Jakarta Jakarta memiliki 10 juta penduduk, & lebih dari empat juta penduduk di sekitar Jabodetabek pulang pergi setiap hari. Sistem LRT Jakarta & MRT Jakarta yang diluncurkan pada tahun 2019 membantu mengatasi kemacetan lalu lintas.

6. Jalan Raya Indonesia sedang membangun ribuan km jalan raya yang meliputi:- Jalan Raya Trans-Papua (selesai)- Jalan Tol Trans-Jawa (selesai)- Tol Trans-Sumatera (siap 2024)

7. Program Tol Laut Program Jokowi ini untuk mengurangi disparitas harga antara pulau-pulau utama Indonesia dengan pulau-pulau kecil. Diluncurkan pada tahun 2015 & juga terlibat dalam pembangunan pelabuhan peti kemas baru di wilayah yang lebih kecil di seluruh negeri.

8. Pendiri Unicorn Startup diangkat sebagai Menterinya. Nadiem Anwar Makarim, lahir pada tahun 1984 adalah menteri pendidikan, kebudayaan, penelitian, & teknologi saat ini, dan diharapkan bs membawa angin perubahan dunia pendidikan, investasi usaha, dan tekhnologi negaranya. Ia mendirikan Gojek @gojektech, startup teknologi pertama di Indonesia dengan nilai lebih dari US$10 miliar. Ia diangkat Jokowi menjadi menteri pd thn 2019.

9. Janji Perubahan IklimPada November 2021, Jokowi berjanji untuk mengakhiri & membalikkan deforestasi di Indonesia pada tahun 2030, dalam kesepakatan besar pertama KTT iklim COP26.

10. Menarik Perusahaan TeknologiJokowi menerapkan keringanan pajak skala besar dalam upaya untuk membina lebih banyak perusahaan teknologi & menarik raksasa teknologi untuk berinvestasi di sana.

Dua hari lalu, ia bertemu dengan Tesla’s Elon Musk di Texas kemungkinan untuk mendirikan pabrik atau fasilitas R & D di Indonesia. Ini hanya beberapa dari banyak hal yang dilakukan Jokowi untuk rakyat & negaranya.Indonesia diprediksi akan menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2045.Ia juga menunjukkan pemimpin dengan latar belakang kewirausahaan benar-benar dapat mendorong banyak hal ke depan.

Sumber : Status Facebook Gunadi

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Jokowi Hebat Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku Jokowi Orang Jujur Jokowi Jujur Jokowi Tegas Jokowi Orang Tegas

Berita Lainnya