Nasional

Warning WHO! Ada Cacar Monyet Menular Tanpa Terdeteksi

Lukman Salasi - 02/06/2022 09:52

BeritaCenter.COM – Pandemi COVID-19 belum usai, kini sejumlah negara ‘diserang’ virus baru yaitu cacar monyet. Menurut WHOcacar monyet sudah menyebar di puluhan negara dengan ratusan kasus.

Ada dugaan cacar monyet menginfeksi banyak negara karena ada penularan yang tidak terdeteksi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus Tedros dikutip dari Straits Times, Kamis 2 Mei 2022.

"Penyelidikan sedang berlangsung, tetapi kemunculan cacar monyet yang tiba-tiba di banyak negara pada saat yang sama menunjukkan bahwa ada penularan yang tidak terdeteksi untuk beberapa waktu," ungkapnya. 

Tedros pun memberikan warning agar semua negara meningkatkan pengawasan. Siapapun disebut bisa terinfeksi cacar monyet.

"Siapa pun dapat terinfeksi monkeypox jika mereka melakukan kontak fisik yang dekat dengan orang lain yang terinfeksi. Kami mendesak negara-negara yang terdampak untuk memperluas pengawasan mereka," tegasnya.

Dugaan adanya penularan cacar monyet yang tidak terdeteksi diperkuat dengan pernyataan Pimpinan teknis cacar monyet WHO Dr Rosamund Lewis. 

Menurutnya, cacar monyet ini mungkin telah ditularkan tanpa terdeteksi. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus di sebagian besar Eropa dan negara lain yang belum pernah terlihat sebelumnya.

"Itu menunjukkan adanya penularan yang tidak terdeteksi untuk sementara waktu," kata Dr Lewis.

"Kami tidak tahu apakah (penyebaran) itu berminggu-minggu, berbulan-bulan atau mungkin beberapa tahun. Kami tidak benar-benar tahu apakah sudah terlambat untuk menahan ini," lanjutnya.

Ia meminta agar otoritas dan masyarakat bekerja sama untuk mencegah penyebaran cacar monyet dengan pelacakan kontak dan isolasi pasien yang mengidap penyakit ini.

TAG TERKAIT :
Berita Center WHO Warning Kasus Cacar Monyet Tak Terdeteksi

Berita Lainnya