Internasional

Meski Sulit, Zelensky Optimis Rebut Kembali Kota-kota yang Diduduki Rusia

Aisyah Isyana - 26/06/2022 13:12

Beritacenter.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meyakini pihkanya dapat merebut kembali semua kota mereka yang telah diduduki Rusia, termasuk wilayah Sievierodonetsk. Zelensky tak menampik jika perang ini cukup sulit untuk ditangani pihaknya.

Dalam pidatonya, Zelensky menyebut Ukraina telah dihantam 45 rudah dan roket Rusia selama 24 jam terakhir. Kendati begitu, dia memastikan jika hal itu tak akan meruntuhkan semangat rakyat Ukraina, seperti dilansir Reuters, Minggu (26/6/2022).

"Oleh karena itu semua kota kami--Sievierodonetsk, Donetsk dan Luhansk--kami akan mendapatkan semuanya kembali," tegas Zelensky dengan yakin.

Zelensky menyoroti nama kota Sievierodonetsk, yang belakangan akhirnya jatuh ke tangan pasukan Moskow, usai sebelumnya terjadi serangan demi serangan dan pertempuran brutal bak neraka selama berminggu-minggi di wilayah itu.

"Pada tahap perang ini sulit secara spiritual, sulit secara emosional... kita tidak tahu berapa lama itu akan berlangsung, berapa banyak lagi serangan, kerugian, dan upaya yang diperlukan sebelum kita melihat kemenangan di cakrawala," tuturnya dengan emosional.

Lebih lanjut, Zelensky menyebut rudal yang datang dan menghantam tanpa henti telah menunjukkan jika sanksi terhadap Rusia tak cukup untuk membantu Ukraina. Zelensky kembali menegaskan jika negara membutuhkan lebih banyak senjata untuk melawan Rusia.

"Sistem pertahanan udara--sistem modern yang dimiliki mitra kami--tidak boleh berada di tempat pelatihan atau di gudang, tetapi di Ukraina, di mana mereka dibutuhkan sekarang, dibutuhkan lebih dari di tempat lain di dunia," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Rusia Ukraina Rusia Invasi Ukraina Volodymyr Zelensky Rusia Serang Ukraina Perang Rusia-Ukraina

Berita Lainnya