Peristiwa

Polres Jombang Pulangkan 318 Jemaah-Santri Ponpes Shiddiqiyyah yang sempat Diamankan

Aisyah Isyana - 09/07/2022 00:11

Beritacenter.COM - Polisi telah memulangkan 318 jemaah dan santri Ponpes Shiddiqiyyah, yang sebelumnya sempat diamnkan di Mapolres Jombang jelang penangkapan Mas Bechi (42). Polisi menganggap ratusan orang simpatisan Mas Bechi itu tidak terlibat tindak pidana.

"Terhadap yang tidak ada kaitannya dengan tindak pidana kami pulangkan. Juga kami periksa kesehatannya sehingga saat dipulangkan dipastikan dalam kondisi sehat," kata Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Giadi Nugraha dilansir detikJatim, Jumat (8/7/2022).

Sebelumnya, ada sebanyak 323 orang yang diamankan polisi dari Ponpes Shiddiqiyyah pada Kamis (7/7). Adapun ratusan orang yang diamankan itu merupakan simpatisan Mas Becih, jemaah tarikat Shiddiqiyyah, dan santri Ponpes Shiddiqiyyah.

Dari total 323 orang yang diamankan 5 diantaranya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polres Jombang. Hal itu dikarenakan ke-5 tersangka dinilai berupaya melawan polisi yang hendak menangkap Mas Bechi. Sementara 318 lainnya telah dipulangkan sore tadi.

Sebanyak 318 jemaah tarikat Shiddiqiyyah dan santri Ponpes Shiddiqiyyah sempat dikumpulkan polisi di lapangan Mapolres Jombang, sebelum akhirnya dipulangkan. Ratusan orang itu sempat mendapat jamuan makanan dan kopi dari petugas kepolisian.

Pada kesempatan itu, polisi juga sempat mengajak mereka berselawat. Hingga akhirnya tiba waktu asar, petugas mebagi-bagikan vitamin dan peci berwarna putih ke 318 orang itu. Setelahnya, mereka kemudian melakukan salat berjamaah di lapangan bersama Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto.

Dikatakan Waka Polres Jombang Kompol Erika Purwana Putra, dari sebanyak 318 orang yang dipulangkan, sebanyak 75 orang diantaranya merupakan santri Ponpes Shiddiqiyyah yang berusia diantara 9 sampai 14 tahun.

Puluhan santri itu diantar pulang ke ke Ponpes Majma'al Bachroin Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyyah dengan menggunakan 2 truk polisi. Sementara 243 pria dewasa lainnya diantar menggunakan mobil pribadi dan angkutan umum yang disewa.

"Yang diangkut pakai angkutan umum kami antar ke pondok, yang pakai mobil pribadi langsung menuju rumah masing-masing," jelasnya.

 

TAG TERKAIT :
Pencabulan Polres Jombang Anak Kiai Jombang Ponpes Shiddiqiyyah Jombang Mas Bechi Simpatisan Ponpes Shiddiqiyyah

Berita Lainnya