Teknologi

Wah, Bulan Purnama Rusa Super Bakal Terjadi 14 Juli Nanti, Simak Jadwalnya!

Aisyah Isyana - 12/07/2022 13:12

Beritacenter.COM - Setelah sebelumnya kita dapat menyaksikan Bulan Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon) dan planet sejajar pada Juni lalu, kita akan kembali kedatangan supermoon yang tak kalah elok, yakni Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon) pada bulan Juli ini.

Peneliti antariksa BRIN Andi Pangerang turut menjelaskan soal Purnama Rusa. Penamaan Purnama Rusa ini sejatinya tak ada kaitannya dengan bentuk Bulan yang mungkin akan seperti tanduk atau apapun.

"Penamaan ini muncul karena dalam The Farmer's Almanac, kalender petani Amerika, buah stroberi dipanen setiap bulan Juni sementara rusa jantan muda mulai tumbuh tanduk di bulan Juli. Ini semata-mata untuk menandai musim dan perilaku hewan yang timbul pada musim-musim tertentu bagi penduduk asli Amerika," jelas Andi seperti dikutip dari laman Edukasi Sains dan Antariksa BRIN.

Hanya saja, Purnama Rusa kali ini akan cukup spesial dan istimewa, lantaran akan bertepatan dengan Bulan Purnama Super (Full Supermoon). Andi bahkan menyebut Bulan Baru Mikro kali ini akan turut diapit dua Bulan Purnama Super yang terjadi di dua bulan terurut.

Sekedar diketahui, terhitung mulai 14 Juni hingga 14 Juli akan terjadi fenomena Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon), Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Micromoon), dan Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon).

"Fenomena ini terakhir kali terjadi pada tahun 2004 dan 2013 sehingga fenomena ini terjadi setiap sembilan tahun sekali. Fenomena ini akan terjadi lagi pada 2031 dan 2040," jelas Andi.

Kamu yang penasaran dengan fenomena Bulan Purnama Rusa Super ini dapat melihat fenomena astronomi itui pada 14 Juli 2022, tepatnya pukul 01.57 WIB/ 02.57 WITA / 03.57 WIT.

TAG TERKAIT :
Astronomi Bulan Bulan Purnama Antariksa Full Strawberry Supermoon Full Buck Supermoon Bulan Purnama Rusa Super

Berita Lainnya