Teknologi

Pedaftaran PSE Ditutup, Berikut Sejumlah Aplikasi yang Aman-Terancam Blokir Kominfo

Aisyah Isyana - 21/07/2022 19:54

Beritacenter.COM - Saat ini, Pedaftaran Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat telah ditutup. Dengan begitu, sejumlah aplikasi yang telah mendaftar akan aman, sementara yang tidak akan terancam diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sejumlah perusahaan yang terpantau telah mendaftar yakni, dua layanan milik Apple, yaitu App Store dan iCloud. Kemudian Twitter, Line, Zoom, Tinder, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Valorant, Smadav, WeChat, Get Contact, HBO Go, We TV, Snapchat, Indodax, Zalora.

Ada juga sejumlah layanan dibawah Meta, yakni Facebook, WhatsApp, dan Instagram yang terdaftar sebagai PSE asing. Ada juga nama Gojek, Gopay, Shoope, Ovo, Traveloka, Genius, Telegram, Netflix, Genshin Impact, Ragnarok X: Next Generation, Free Fire, Microsoft Cloud, Mi Chat, Tiktok, Capcut, myPertamina, Mobile Legends, dan Spotify, yang lebih dulu telah terdaftar PSE Lingkup Lingkup Privat terlebih dahulu.

Pantauan hingga penutupan pendaftaran sekira pukul 23.59 WIB, Rabu (20/7/2022), masih belum ada nama Google, YouTube, hingga Disne Hotstar, di dalam daftar PSE Lingkup Privat Kominfo. Perusahaan-perusahaan itu tentunya bakal terancam pemblokiran Kominfo.

Pihak Kominfo sendiri sebelumnya telah mewanti-wanti perusahaan yang beroperasi secara digital di Indonesia yang masih belum mendaftarkan diri sebagai PSE Lingkup Privat hingga tanggal 20 Juli 2022, maka mereka otomatis akan masuk kategori ilegal.

Dimana hal itu merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dalam hal ini, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyebut, sanksi akan diterapkan secara bertahap, mulai dari teguran tertulis, denda administratif, hingga pemutusan akses atau pemblokiran.

"Begitu tanggal 21 Juli sudah mulai proses review. Saat ini kami juga sudah mulai mendata, tinggal nanti dilihat apakah diberi teguran dulu, sanksi denda, atau diblokir," ujar Semuel.

TAG TERKAIT :
Whatsapp Google Twitter Youtube Meta PSE Pedaftaran Sistem Elektronik PSE Lingkup Privat

Berita Lainnya