Internasional

Kunjungan Presiden Jokowi ke Beijing

Indah Pratiwi - 28/07/2022 10:00
Ditulis Oleh: Erizeli Bandaro
FOKUS : Jokowi

Jokowi berkunjung ke China, Korea dan Jepang. Pada saat kedatangan di Beijing Capital International Airport, tampak menyambut di bawah tangga pesawat Wakil Menteri Luar Negeri RRT Wu Jiang Hao. Mungkin anda bertanya tanya. Mengapa bukan Presiden China yang menyambut? mengapa bukan Menlu China ? Di China, Presiden itu kepala Negara. Bukan kepala pemerintahan. Dia akan menyambut kedatangan Jokowi di Balai Agung Rakyat. China untuk urusan yang berkaitan dengan Luar negeri, dipegang oleh Wakil Menlu.

Yang harus dicatat bahwa kunjungan Jokowi ke China atas Undang khusus dari Xi Jinping. Pertemuan akan diadakan di Distrik Haidian, di gedung Diaoyutai. Pembicaraan dilakukan secara tertutup. Issue yang mengemuka dibicarakan adalah berkaitan dengan rencana KTT G20 di Bali. Dimana Indonesia sebagai tuan rumah dan sekaligus Jokowi sebagai pemimpin G20. Beijing tentu berharap sikap netral Indonesia berkaitan dengan perang Rusia-Ukrania dan Indopacific.

Maklum kekuatan strategis China tergantung sikap netral Indonesia. Bayangin aja. Kalau terjadi konflik antara China dan AS, dan Indonesia berpihak kepada AS maka AS akan aman dari segi logistik perang dan CHina terancam. Tapi kalau Indonesia netral, AS akan sulit dalam hal logistik untuk memobiliasi pasukan dan alat perang. Kan jarak AS dan Pacific jauh sekali. Kemana mereka mau lewat kalau Indonesia melarang wilayahnya dilalui untuk logistik perang.

Sebenarnya sikap netral Jokowi tidak perlu diragukan. Karena itu amanah UUD 45. Engga mungkin Jokowi tergoda untuk berpihak kepada salah satu blok hanya karena kepentingan modal. Dan lagi baik China dan AS keduanya adalah mitra yang bagus. Menjaga agar kawasan Indopacific sebagai kawasan damai adalah juga amanah konstitusi Indonesia. Xi engga perlu meragukan itu.

Yang penting boss Ping, tolonglah utang Kereta Cepat Jakarta Bandung itu ubah jadi skema B2B aja. Jangan minta APBN sebagai jaminan. Mau ya om Ping…please..

(Sumber: Facebook DDB)

TAG TERKAIT :
Jokowi Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Orang Jujur Jokowo Presiden KU

Berita Lainnya