Teknologi

Ini Alasan dan Tujuan Kominfo Cabut Pemblokiran PayPal

Lukman Salasi - 01/08/2022 12:00
FOKUS : PayPal

BeritaCenter.COM – Awalnya Kementerian Kominfo telah memblokir PayPal karena tidak melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Pemblokiran tersebut kini telah dicabut. Kominfo telah mengumumkan bahwa blokir untuk PayPal dicabut. Pencabutan pemblokiran itu sifatnya hanya sementara.

"Kami sudah membuka sementara per jam 8 pagi tadi. Proses pembukaannya sudah dilakukan. Mungkin sekarang sudah bisa diakses kembali paling lambat jam 10 semuanya sudah bisa mengakses seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers virtual Minggu (31/7) kemarin.

Samuel mengungkap alasan pencabutan blokir tersebut. Menurutnya keputusan pencabutan blokir PayPal itu setelah Kominfo mendengarkan masukan dari masyarakat. Namun ternyata pembukaan pemblokiran itu dilakukan hanya sementara.

Kominfo hanya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memindahkan uangnya dari PayPal sebelum diblokir kembali. Masyarakat diberikan waktu 5 hari sebelum akhirnya PayPal diblokir kembali.

"Ini kami buka untuk memberikan kesempatan pada masyarakat untuk melakukan migrasi agar semua uangnya tidak hilang. Karena sampai saat ini PayPal belum melakukan komunikasi dengan kami, karena sesuai UU harus berizin," ucapnya.

"Kami harapkan masyarakat memanfaatkan waktu yang kami berikan 5 hari kerja. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan, kita sudah punya layanan digital untuk pembayaran. Kita sudah ada layanan banking dan sudah cukup tangguh. Silahkan memigrasikan sistem pembayaran yang digunakan," tutupnya.

TAG TERKAIT :
Kominfo Berita Center PayPal Blokir PayPal Cabut Blokir ParPal

Berita Lainnya