Kesehatan

Sudan Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama Menjangkit Siswa 16 Tahun di Darfur Barat

Aisyah Isyana - 02/08/2022 09:28

Beritacenter.COM - Kementerian Kesehatan Sudah melaporkan kasus cacar monyet pertama yang ditemukan di negaranya. Kasus cacar monyet pertama di Sudan itu menimpa seorang siswa berusia 16 tahun di negara bagian Darfur Barat.

"Kemenkes mendaftarkan kasus cacar monyet pertama yang dikonfirmasi pada seorang siswa berusia 16 tahun di negara bagian Darfur Barat di Sudan," kata Kementerian Kesehatan Sudan seperti dilansir AFP, Senin (1/8/2022).

Hanya saja, tak dijelaskan lebih detail jenis kelamin dari siswa yang terjangkit cacar monyet tersebut. Dikatakan Direktur pengendalian epidemi, Montaser Othman, ada sekitar 38 kasus suspek lainnya. Hanya saja, semuanya mendapat hasil negatif saat dites untuk virus tersebut.

Saat ini, Othman menyebut pihaknya bersama kementerian kesehatan federal tengah melakukan investigasi guna menentukan sumber infeksi tersebut. Negara Afrika timur laut yang miskin itu sangat rentan terkena wabah itu, lantaran layanan kesehatan masyarakatnya yang terhitung buruk.

Data badan anak-anak PBB UNICEF menyebut hanya sekitar 70% dari 45 juta penduduk yang memiliki akses ke fasilitas kesehatan, dimana mereka harus menempuh perjalanan 30 menit dari rumah mereka di Sudan. Sebanyak 13 dari 18 negara bagian menderita wabah penyakit yang ditularkan melalui vektor pada tahun 2021.

Sebelumnya, WHO pada bulan lalu telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat dan menjadi perhatian internasional. Dimana penetapan darurat kesehatan ini merupakan alarm tertinggi yang telah dibunyikan WHO.

 

TAG TERKAIT :
WHO Sudan Cacar Monyet Wabah Cacar Monyet Darurat Kesehtan Masyarakat

Berita Lainnya