Internasional

Arab Saudi Sambut Baik Kabar Tewasnya Pimpinan Al-Qaeda 'Zawahiri' yang Diklaim AS

Al-Zawahiri merupakan salah satu pemimpin teroris yang memimpin sejumlah operasi di Amerika Serikat dan Arab Saudi. Al-Zawahiri telah merencanakan operasi teroris yang menewaskan ribuan orang yang tidak bersalah, termasuk warga Saudi

Aisyah Isyana - 02/08/2022 11:23
Pimpinan Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri

Beritacenter.COM - Arab Saudi turut menyambut baik pengumuman yang disampaikan Presiden Amerika (AS), Joe Biden, yang mengabarkan soal kematian pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri. Dimana Biden menyebut Zawahiri tewas dalam serangan drone AS di Kabul, Afghanistan.

Al-Zawahiri diyakini sebagai sosok yang turut mengkoordinasikan serangan 11 September 2001 yang menewaskan 3 ribu orang di AS. Pejabat AS yang enggan disebutkan namanya menyebut Zawahiri tewas dalam serangan drone AS sekira pukul 06.18 waktu setempat, Minggu (31/7) pagi.

"Al-Zawahiri merupakan salah satu pemimpin teroris yang memimpin sejumlah operasi di Amerika Serikat dan Arab Saudi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Saudi, Selasa (2/8/2022).

"Al-Zawahiri telah merencanakan operasi teroris yang menewaskan ribuan orang yang tidak bersalah, termasuk warga Saudi," imbuh pernyataan itu.

Sebelumnya, Biden dalam pengumumannya menyebut Al-Zawahiri merupakan dalang utama yang memegang perang penting dalam serangan terhadap kapal perang AS, USS Cole, tahun 2000 lalu dan serangan terhadap beberapa kedutaan besar AS di Kenye dan Tanzania.

"Sekarang keadilan telah ditegakkan, dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi," tegas Biden, yang baru sembuh dari COVID-19, dalam pernyataan di Gedung Putih.

"Tidak peduli berapa lama, di manapun Anda bersembunyi, jika Anda adalah ancaman bagi rakyat kami, Amerika Serikat, Kami akan menemukan Anda dan membawa Anda keluar," tegas Joe Biden.

Sementara itu, seorang pejabat senior pemerintah AS yang tak disebutkan namanya menyatakan bahwa intelijen AS telah menetapkan dengan keyakinan tinggi melalui berbagai saluran intelijen bahwa pria yang tewas itu adalah Al-Zawahiri.

Al-Zawahiri disebut tewas di sebuah balkon yang menjadi 'safe house' yang ditempatinya di Kabul bersama anggota keluarganya. Pejabat AS itu turut memastikan tak ada korban jiwa lainnya dalam penyerangan itu.

TAG TERKAIT :
Amerika Serikat Arab Saudi Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri Pimpinan Al-Qaeda

Berita Lainnya