Travel

Ternyata Jumlah Komodo di NTT Sisa Segini

Lukman Salasi - 03/08/2022 09:56

BeritaCenter.COM - Komodo merupakan satwa endemik asli dari Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di pulau Komodo, Rinca dan sekitarnya. 

Hewan ini sangat langka karena hanya ada di Indonesia. Tempat lain di dunia tidak memiliki komodo di alam liar seperti Indonesia.

Ternyata jumlah Komodo di NTT tidak penah menentu dan terancam punah seiring perubahan iklim dan eksploitasi besar-besaran oleh manusia.

Haryono Abdullah, naturalist guide di pulau Komodo menyebut saat ini ada kurang lebih 1.700-an ekor Komodo yang ada di pulau tersebut. Di Pulau Rinca jumlahnya juga kurang lebih sama.

"Sampai saat ini, ada sekitar 1.700-an ekor. Tapi itu fluktuatif ya, bisa naik, bisa turun," kata Pak Yono, sapaan akrabnya dikutip BeritaCenter, Rabu 3 Agustus 2022.

Faktor naik-turunnya populasi Komodo dipengaruhi oleh banyak hal. Utamanya adalah pakan. Apabila pakan Komodo seperti rusa dan babi hutan populasinya berkurang, maka populasi Komodo juga akan ikut berkurang.

Faktor selanjutnya adalah cuaca. Cuaca berperan penting dalam proses penetasan telur Komodo. Jika cuaca terlalu panas, telur Komodo tidak akan menetas. Tingkat kesuksesan menetasnya telur Komodo sampai saat ini hanya 50% saja.

Itu berarti, dari 15-30 telur yang dihasilkan Komodo betina, yang sukses menetas hanya setengahnya. Pun demikian ketika sudah menetas, biasanya yang bisa tumbuh jadi Komodo dewasa hanya setengahnya saja.

Dari jumlah 1.700-an ekor itu, menurut Pak Yono, komposisi antara jantan-betina juga tidak imbang. Saat ini, perbandingan antara jantan dan betina di pulau Komodo adalah 3:1.

Itu artinya, untuk 1 betina akan diperebutkan oleh 3 pejantan. Kompetisi untuk kawin jadi makin ketat. Hal itu juga jadi faktor mengapa populasi Komodo bisa menurun.

TAG TERKAIT :
Indonesia Berita Center NTT Komodo Jumlah Komodo Komodo di NTT

Berita Lainnya