Kesehatan

Ini Segudang Manfaat Buah Delima Merah Untuk Kesehatan

Baharuddin Kamal - 04/08/2022 01:00
Buah Delima.

Beritacenter.COM - Buah delima tentunya tidak menjadi asing lagi bukan? Meskipun jarang dijual di pasar tradisional seperti buah populer lainnya, delima sudah cukup banyak orang yang mengenalinya. Berbentuk bulat, delima mengandung banyak biji di dalamnya.

Buah delima biasanya bisa ditemukan di supermarket dengan ukuran yang lumayan besar dan ciri khas biji berwarna merah saat dikupas. Memang membutuhkan kesabaran untuk memakannya satu persatu, tetapi manfaatnya tidak boleh kamu sepelekan lho.

Buah yang memiliki nama latin Punica granatum ini kaya akan kandungan vitamin C, serat, antioksidan, dan agen antiradang. Itulah mengapa manfaat buah delima merah sangat diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain bisa dimakan secara langsung, sahabat Dream juga bisa menjumpai buah delima dalam bentuk minuman menyegarkan.

1. Meredakan Artritis dan Nyeri Sendi
Manfaat buah delima merah yang pertama adalah untuk meredakan artritis dan nyeri sendi. Kondisi ini membuat seseorang merasakan nyeri di bagian tertentu dan membuatnya sulit untuk beraktivitas. Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan buah delima untuk mengurangi rasa sakitnya.

Dalam sebuah penelitian yang ada di The Journal of Nutrition, buah delima memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang ampuh untuk menghambat peradangan yang disebabkan oleh osteoarthritis dan rusaknya tulang rawan.

Meski begitu, penelitian tersebut baru dilakukan pada hewan. Sehingga masih membutuhkan penelitian lebih dalam untuk membuktikannya pada manusia.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer biasanya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa buah delima mampu membantu penajaman memori verbal dan visual pada lansia yang diminum secara rutin sebanyak 250 mililiter setiap harinya.

Bahkan hal ini juga pernah dilakukan penelitian pada seekor tikus yang diberikan jus delima, hasilnya adalah dalam tubuh tikus itu terjadi penumpukan plak amiloid yang lebih lambat daripada tikus yang tidak minum jus delima. Nah, plak amiloid sendiri adalah plak yang menumpuk di antara sel saraf otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah dalam tubuh manusia haruslah selalu dikontrol. Jika sampai seseorang mengalami tekanan darah tinggi, hal ini mampu memicu berbagai penyakit berbahaya untuk datang. Misalnya saja penyakit stroke bisa dialami tidak pada orang tua saja, tetapi juga bisa kepada mereka yang berusia muda.

Dalam sebuah penelitian yang terdapat dalam jurnal Pharmacological Reasearch, seseorang yang rajin mengonsumsi jus delima bisa menurunkan kadar tekanan darah sistolik.

Hal ini karena buah delima banyak mengandung antioksidan polifenol yang ampuh dalam mengatasi aterosklerosis dan peradangan pada pembuluh darah. Jadi bisa untuk menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah Kanker
Manfaat buah delima merah lainnya yang tak kalah istimewa adalah bisa mencegah kanker. Penyakit ini memang terkenal berbahaya, sehingga wajar saja jika ditakuti oleh banyak orang. Apalagi penyakit ini tidak memandang usia. Bisa yang tua dan bisa juga yang muda mengalaminya. Namun, kanker masih bisa dicegah, salah satunya dengan mengonsumsi buah delima.

Ada komponen di dalam buah delima yang mampu memperlambat perkembangan reproduksi sel kanker prostat dan memicu kematian sel kanker. Bahkan, ditemukan juga bahwa jus delima bisa mencegah sekaligus menghancurkan sel kanker payudara.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Imunitas tubuh yang baik bisa didapatkan seseorang salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Buah-buahan adalah makanan yang sebaiknya tidak ditinggalkan oleh sahabat Dream agar bisa mendapatkan asupan vitamin yang diperlukan tubuh. Buah delima bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Buah ini bisa memberikan sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu saja, buah delima juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi dari infeksi berhubungan dengan penyakit ginja dan komplikasi penyakit kardiovaskular.

6. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri
Manfaat buah delima merah berikutnya adalah bisa melawan infeksi virus dan bakteri. Hal ini karena buah dengan biji-biji merah tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antivirus. Keberadaan antibakteri dan antijamur dalam delima ampuh melindungi seseorang dari terjadinya infeksi dan peradangan pada mulut.

Bahkan hebatnya lagi, buah delima juga mampu melawan jenis bakteri seperti Candida albicans yang menyebabkan infeksi pada vagina.

7. Menahan Lapar
Mengonsumsi buah juga bisa membuatmu kenyang lebih lama lho, sahabat Dream. Apalagi jika buah tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi, seperti buah delima. Ya, kandungan ini memang menjadi nutrisi yang sangat penting agar berat badan tetap terjaga.

Jadi, buah kaya serat cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai camilan menyehatkan sehari-hari. Terutama buah sahabat Dream yang saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan. Selain bisa dimakan secara langsung, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus atau mencampurkannya dengan oatmeal yang sama-sama nikmat.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Manfaat buah delima Buah delima

Berita Lainnya