Politik

Begini Penjelasan Kemenkeu soal Dana Pemilu 2024 yang Belum Cair

Lukman Salasi - 04/08/2022 12:59

BeritaCenter.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akhirnya buka suara menjelaskan mengenai dana Pemilu 2024 yang masih tertahan atau belum cair. 

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan pihak KPU untuk memberikan pemahaman terkait pencairan anggaran Pemilu yang rencana dilangsungkan 2024.

"Memang kita juga ingin terus berkomunikasi untuk memberikan pemahaman yang baik bahwa anggaran itu ada prosesnya yang tetap harus diikuti, ada standar-standar yang juga harus kita patuhi. Ini tentu kami akan terus lakukan komunikasi sehingga pemahamannya menjadi semakin baik," kata Isa dalam media briefing secara virtual, Kamis 4 Agustus 2022.

Isa memastikan bahwa Kemenkeu akan mendukung penuh proses sampai terselenggaranya Pemilu di 2024. Hal ini yang juga pernah disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

"Pemerintah pasti mendukung proses kegiatan Pemilu ini yang saatnya harus dilakukan. Contohnya tahun ini mulai pendaftaran Parpol, pasti anggarannya akan kita cukupkan, kita akan sediakan," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asyari mengungkapkan saat ini masih ada anggaran untuk proses tahapan pemilu 2024 yang belum dicairkan Kemenkeu. Alhasil persiapan tahapan yang bersifat multiyears (lintas tahun anggaran) pada 2023, yang seharusnya dilaksanakan mulai 2022, tidak dapat dilakukan atas surat Direktur Jenderal Anggaran.


TAG TERKAIT :
KPU Berita Center Kemenkeu Pemilu 2024 Dana Pemilu 2024

Berita Lainnya