Kesehatan

Lagi! Menkes Tegaskan Cacar Monyet Belum Ada di Indonesia

Lukman Salasi - 09/08/2022 14:31

BeritaCenter.COM - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kembali menegaskan bahwa kasus cacar monyet atau monkeypox belum ada di Indonesia. Awalnya ada 11 orang yang suspect dan dipastikan hanya cacar biasa.

"Kita sudah ada 11 suspek monkeypox karena ada bintik-bintik merah di tubuhnya tapi setelah dicek bukan monkeypox tapi cacar biasa atau varisela kita sebutnya," jelas Menkes Budi dalam keterangannya dikutip BeritaCenter, Selasa 9 Agustus 2022.

"Jadi sampai saat ini kita belum menemukan adanya monkeypox di Indonesia," sambungnya.

Kemenkes RI sudah menjalin komunikasi dengan berbagai dinas kesehatan di daerah untuk memastikan surveilans cacar monyet terus dilakukan.

"Kita sudah komunikasi terus dengan dinas-dinas kesehatan mulai dari 3 juli untuk memastikan surveilansnya jalan," terangnya.

Selain itu, kata Menkes, surveilans cacar monyet lebih mudah dibanding COVID-19. Hal ini disebabkan orang yang terinfeksi cacar monyet terlihat gejalanya dari adanya bintik-bintik atau lesi di tubuh, sehingga baru bisa dipastikan dapat menularkan ke orang lain setelah gejala ini muncul.

"Kalau covid susahnya surveilansnya orang yang tidak bergejala kelihatan sehat sudah bisa menularkan COVID, kalau monkeypox ini orangnya harus bergejala dulu, ada bintik-bintik baru bisa menularkan," jelasnya.

Menkes Budi juga menyatakan, tindakan surveilans dan kesiapan PCR untuk memeriksa cacar monyet sudah disiapkan dengan baik di Indonesia sehingga siap dalam menangani virus ini.


TAG TERKAIT :
Berita Center Menkes Budi Gunadi Sadikin Kasus Cacar Monyet Monkeypox

Berita Lainnya