Kesehatan

Inilah 10 Dampak Buruk untuk Kesehatan Tubuh Ketika Kurang Tidur

Rahman Hasibuan - 21/09/2022 09:13

Beritacenter.COM - Tidur merupakan aktivitas sehari - hari yang dilakuan dalam kehidupan. Tubuh membutuhkan tidur untuk berisitrahat dan memulihkan agar tetap sehat.

Sayangnya, padatnya aktivitas yang kita miliki kerap membuat tidur menjadi sebuah hal yang dikorbankan. Kurangnya jam tidur ini terutama tidur di bawah enam jam bisa mengakibatkan sejumlah dampak buruk bagi tubuh.

Kurang tidur bisa menjadi penyebab menurunnya dorongan seksual, melemahnya sistem kekebalan tubuh, masalah pikiran, serta meningkatnya berat badan. Seluruh hal tersebut bisa berujung pada terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Adanya sejumlah dampak dari kurang tidur ini bisa berujung beragam pernyakit seperti kanker, diabetes, bahkan masalah lain. Emosi dan nafsu makan yang kita miliki juga bisa berantakan akibat kurang tidur ini.

Berikut 10 dampak yang terjadi akibat kurang tidur seperti dilansir dari Healthline.

1. Lebih Mudah Sakit

Kurang tidur bisa menurunkan kemampuan dari tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan sakit.

Penelitian bahkan mengungkap adanya hubungan saling mempengaruhi antara tidur dan sistem kekebalan tubuh. Pada saat tubuh melawan penyakit yang muncul, kamu juga mungkin lebih sulit untuk tidur.

2. Masalah Kesehatan Jantung

Baik tidur terlalu singkat kurang dari lima jam atau tidur terlalu lama yaitu lebih dari sembilan jam, sama-sama memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung. Kondisi ini bisa membuatmu rentan mengalami masalah jantung koroner atau juga masalah stroke.

3. Meningkatnya Risiko Kanker

Kurang tidur diketahui memiliki pengaruh terhadap meningkatnya risiko kanker payudara. Bagi mpekerja dengan shift malam, masalah ini lebih rentan dialami terutama ketika mereka tidur kurang dari tujuh jam.

4. Sulit Berpikir

Kurang tidur bahkan hanya satu malam saja bisa menyebabkan masalah kognitif yang membuatmu sulit berpikir. Berdasar penelitian, diketahui bahwa mereka yang begadang dan kurang tidur lebih mengalami masalah dalam memori, membuat keputusan, berpikir, memecahkan masalah, bereaksi, serta waspada.

5. Pelupa

Kurang tidur diketahui tak hanya membuatmu menjadi pelupa namun juga bisa berdampak pada ingatan dan kemampuanmu untuk belajar. Pada saat tidur, kita akan melakukan proses konsolidasi di otak untuk menyimpan ingatan dalam jangka panjang.

6. Menurunnya Libido

Kurang tidur bisa menurunkan durungan seksual yang kamu miliki. Penelitian mengungkap bahwa pada pria yang kurang tidur secara berturut-turut dalam satu minggu mengalami penurunan testosteron. Kondisi ini juga diketahui mempengaruhi kepuasan dan mood seseorang.

7. Berat Badan Bertambah

Kurang tidur bisa menyebabkan bertambahnya berat badan seseorang. Penelitian menemukan bahwa seseorang yang tidur kurang dari lima jam semalam bisa mengalami bertambahnya berat badan dan berisiko obesitas.

8. Meningkatnya Risiko Diabetes

Selain berat badan yang bertambah, risiko diabetes juga mengalami peningkatan akibat kamu kurang tidur. Berdasar penelitian, diketahui bahwa tidur antara tujuh hingga delapan jam merupakan waktu optimal untuk mencegah munculnya masalah insulin.

9. Rentan Mengalami Kecelakaan

Kurang tidur bisa membuatmu lebih berisiko mengalami kecelakaan di jalan. Hal ini bisa sangat berbahaya dan mengancam tak hanya keselamatan jiwamu namun juga pada orang lain.

10. Munculnya Masalah Kulit

Masalah kulit juga bisa muncul akibat kurang tidur. Berdasar sebuah penelitian, kurang tidur diketahui bisa menyebabkan masalah seperti garis halus di wajah, keriput, warna kulit yang tak sama, serta kulit menjadi kendur.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Kurang Tidur Bahaya Kurang Tidur

Berita Lainnya