Politik

Elektabilitas PDIP Turun Versi Charta Politika, Hasto: Hasil Survei Tidak Dijadikan Pegangan

Lukman Salasi - 23/09/2022 13:13

BeritaCenter.COM - Lembaga survei Charta Politika merilis survei elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. Tren elektabilitas PDIP dinilai mengalami penurunan meski tetap berada di nomor wahid.

Dalam rilisnya yang digelar secara daring, Kamis (22/9) kemarin, survei dilakukan pada 6-13 September 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 dengan margin of error 2,82%. 

PDIP, Gerindra, dan Golkar merupakan partai politik tertinggi pilihan responden. Tren elektabilitas PDIP mengalami penurunan, pada April 2022 24,7%, Juni 2022 24,1%, dan September 21,4%.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kemudian angkat bicara merespon hasil survei Charta Politika tersebut. Berdasarkanarahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Hasto mengatakan, untuk tidak menjadikan survei sebagai pegangan para kader.

"Ya itu makanya survei, arahan Ibu (Megawati Soekarnoputri) untuk tidak dijadikan pegangan karena bisa naik, turun, yang berbahaya itu kalau turun gunung terus, itu yang berbahaya," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).

Hasto mengatakan naik turun elektabilitas partai merupakan hal yang biasa. Hasto lalu menyinggung rata-rata elektoral PDIP dari 22 sampai 26 persen.

"Tapi kalau itu ya dinamika itu, suatu hal yang biasa, tetapi kita melihat bahwa tren dari rata-rata elektoral PDIP ya 22 sampai 26, itu range-nya," ucap Hasto.

TAG TERKAIT :
Berita Center PDIP Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Hasil survei Survei Charta Politika Tren Elektabilitas

Berita Lainnya