Kesehatan

Ini 5 Ramuan Alami yang Ampuh Atasi Batuk Berdahak

Baharuddin Kamal - 28/09/2022 13:10
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Batuk adalah hal lazim untuk menjaga tenggorokan agar tetap bersih dari dahak dan penyebab iritasi lainnya. Namun, kondisi ini menjadi pengganggu ketika terjadi terus-menerus. Solusi jitunya adalah meminum obat untuk meminimalisir gejalanya.

Selain obat-obatan, ramuan alami sering dijadikan pilihan alternatif yang minim efek samping. Nah, bahan-bahan alami ini umumnya mudah dicari dan diolah sendiri di rumah.

Ramuan Alami Obat Batuk Berdahak

1. Jahe
Tanaman ini punya sifat anti inflamasi sehingga ampuh mengatasi batuk berdahak. Sebuah jurnal dari American Thoracic Society menyebut jika jahe bekerja dengan cara mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk.

Untuk membuatnya, iris jahe segar sebanyak 20 hingga 40 gram ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum dikonsumsi. Tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat saat disantap. Minum secara rutin agar efeknya cepat terasa.

2. Sitrus
Buah sitrus, seperti lemon, jeruk limau maupun jeruk nipis kerap dijadikan obat alternatif batuk berdahak. Mereka bekerja dengan cara mengurangi peradangan di tenggorokan.

Selain itu, kandungan vitamin C-nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam membasmi kuman di saluran napas. Campurkan satu sendok teh perasan lemon atau jeruk nipis dengan satu sendok teh madu. Minum beberapa kali dalam sehari sampai gejala batuk mereda.

3. Kunyit
Temu-temuan yang satu ini mengandung curcumin yang bersifat anti radang. Lewat sifat ini, kunyit mampu membasmi kuman penyebab infeksi di saluran pernapasan.

Untuk mengonsumsinya, tumbuk kunyit hingga halus lalu campurkan ke dalam satu gelas susu hangat. Kamu juga bisa mencampurnya dengan teh, garam dan empat gelas air untuk mengurangi gatal pada tenggorokan.

4. Bawang putih
Bawang putih mengandung zat allicin yang punya sifat anti mikroba. Dengan kemampuannya, allicin mampu mencegah produksi dahak berlebih. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa memakan bawang putih secara langsung.

Jika tidak kuat dengan rasanya, kamu bisa mencampur bawang putih halus dengan madu dan teh. Minum ramuan tersebut setidaknya dua kali sehari untuk meredakan batuk berdahak.

5. Kencur
Manfaat kencur untuk atasi batuk tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang beraneka ragam. Misalnya seperti vitamin C, vitamin B kompleks, beta karoten, dan kalsium.

Selain itu, kencur juga dikenal memiliki beberapa kandungan kimia yang bisa membantu penyembuhan penyakit. Contohnya seperti senyawa aromatik, monoterpen, dan seskuiterpen, yang juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Batuk Ramuan alami Batuk Berdahak

Berita Lainnya