News

Jokowi Soal Impor Aspal : Ini Kesalahan yang Harus Dihentikan

Rahman Hasibuan - 29/09/2022 15:20


Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai bahwa Indonesia masih suka melakukan impor aspal.

Menurutnya, padahal bahan baku pembuatan aspal dalam negeri cukup melimpah. Sehingga ia menilai sebuah kekeliruan jika masih impor.

"Kita punya aspal kok, saya cek ke lapangan, ternyata nggak ada industrinya. Baru 1 yang produksinya 100 ribu tok per tahun, kita impor malahan, ini apa-apaan," ucap Jokowi, dalam acara UOB Economic Outlook 2023, Kamis (29/9/2022).

Masih dikatakan Jokowi, keputusan melakukan impor aspal adalah sebuah kekeliruan, dan harus segera dihentikan.

"Ini kesalahan yang harus dihentikan," tegas Jokowi.

Di samping itu, Jokowi melihat bahwa industri aspal bisa menjadi peluang untuk kalangan pengusaha dalam berinvestasi di sektor ini.

"Ini peluang, kalau bapak/ibu mendengar seperti itu, peluang. "Wah investasi industri aspal". Itu baru kita, baru berbicara kebutuhan dalam negeri lho, kalau tambah ekspor gede banget," ucapnya.

Jokowi mengatakan, dia selalu menegaskan betapa pentingnya melakukan hilirisasi industri agar Indonesia tak hanya mengekspor bahan mentah demi meningkatkan nilai ekspor.

Ia pun mencontohkan, keputusannya menghentikan ekspor nikel mentah berhasil meningkatkan nilai ekspor dari Rp15 triliun menjadi Rp360 triliun per tahun.

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Impor Aspal

Berita Lainnya