News

DPR Buka Suara soal Jadwal Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Aisyah Isyana - 29/11/2022 18:44

Beritacenter.COM - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad buka suara soal perkembangan jadwal uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Menurutnya, fit and proper test terhadap Laksamana Yudo kemungkinan akan digelar pekan depan.

Dasco turut menjelaskan awal mula mekanisme calon panglima TNI di DPR. Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mencocokkan waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim) usai menerima sureat presiden (surpres) calon panglima TNI.

"Jadi saya sampaikan bahwa Bamus itu harus didahului dengan rapim. Nah sementara, rapim ini akan dilaksanakan kalau memenuhi kuorum. Nah, ini sedang mencari kecocokan waktu dari para pimpinan DPR yang memang sedang ada kegiatan," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Setelahnya, para pimpinan DPR akan membicarakan soal jadwal rapim dan badan musyawarah guna menugaskan Komisi I DPR untuk melakukan fit and proper test. Dasco menyebut rapim dan bamus terkait surpres calon Panglima TNI baru akan digelar pekan depan.

"Kita akan atur dan komunikasikan dengan Ibu Ketua serta pimpinan lain apakah memungkinkan itu minggu depan diadakan rapim dan bamus untuk menugaskan komisi teknis, dalam hal ini Komisi I untuk melakukan kegiatan fit and proper sesuai dengan mekanisme yang ada," ujar pria yang juga Ketua Harian Gerindra itu.

"Nanti kita akan sampaikan kalau sudah fix jadwal bamusnya," sambungnya.

Untuk itu, Dasco menyebut kemungkinan pelaksanaan fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono tak akan digelar pekan ini.

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin. Karena sekarang kan sudah Selasa sekarang. Kamis itu kelihatannya nggak ada rapim sama bamus. Kira-kira begitu," kata Dasco.

TAG TERKAIT :
DPR RI Calon Panglima TNI Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono Surpres Calon Panglima TNI

Berita Lainnya