News

Kurangi Kemacetan, Puluhan U-Turn di Jakarta Akan Ditutup

Lukman Salasi - 25/01/2023 11:32

BeritaCenter.COM - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah mengarahkan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta agar menutup sejumlah titik putaran atau U-turn untuk mengurangi kemacetan Ibu Kota.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan akan ada 27 putaran atau U-turn yang bakal ditutup.

"Sebagaimana arahan Pak Gubernur bahwa tahap awal untuk jangka mendesak kami akan melakukan penutupan 27 putaran, U-turn, 27 titik," kata Syafrin dalam keterangannya yang dikutip, Rabu 25 Januari 2023.

Sayangnya, Syafrin tidak memerinci sebaran 27 titik U-turn yang bakal ditutup. Yang jelas, rencana itu masuk upaya pengentasan kemacetan yang disiapkan oleh Pemprov DKI.

Selain penutupan 27 putaran, Dishub menyiapkan sistem satu arah di 7 ruas jalan. Namun, lagi-lagi ia tidak memerinci lokasinya.

"Kemudian kami melaksanakan prinsip pengaturan sistem satu arah, ada 7 ruas jalan yang sudah teridentifikasi bisa tetapkan sistem satu arah," jelasnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Google Indonesia dalam pengoptimalan traffic light. Sejauh ini, Google telah menganalisis kondisi traffic light di sejumlah lokasi, seperti Jalan Pemuda, Jalan Proklamasi, Jalan Imam Bonjol, hingga Jalan pemuda.

"Setelah itu dapat kami lakukan tentu pengaturan terhadap siklus time seluruh simpang di koridor itu," jelasnya.

"Dan berikutnya tentu kami terus melakukan implementasi dan peningkatan terhadap kualitas dan kuantitas pelayanan angkutan umum khususnya yang terintegrasi TransJakarta," lanjutnya.

TAG TERKAIT :
Pemprov DKI Jakarta Berita Center Dishub DKI Jakarta Pj Gubernur DKI Jakarta Budi Heru Hartono U-Turn Putaran U-turn Akan Ditutup Kurangi Kemacetan

Berita Lainnya