Kesehatan

Awas, Ini Bahayanya Makan Buah Salak Berlebihan !

Baharuddin Kamal - 25/01/2023 11:52
Salak.

Beritacenter.COM - Salak salah satu buah yang bernutrisi baik karena mengandung flavonoid, beta karoten, kalsium, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Buah ini berwarna putih dengan biji cokelat yang keras dan dilindungi oleh kulit buah yang bersisik.

Buah salak mempunyai rasa asam dan manis yang menjadi satu. Namun, jika teman-teman mengonsumsi buah salak tentu juga kurang baik pada kesehatan tubuh dan mempunyai efek samping.

Apa saja efek samping salak jika kita mengonsumsinya berlebihan? Yuk, cari tahu.

1. Menyebabkan Sembelit
Buah salak yang mengandung nutrisi bisa juga menyebabkan gangguan pada perut, yaitu sembelit. Kalau teman-teman mengonsumsinya secara berlebihan, akan menyebabkan sembelit. Hal ini karena kita menyerap terlalu banyak serat.

Serat jika dikonsumsi terlalu banyak bisa sebabkan air besar kita menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Oleh karena itu, konsumsilah salak dalam batas wajar.

2. Tidak Baik Untuk Penyakit Maag
Salak tidak baik dikonsumsi bago orang yang terkena penyakit maag. Orang yang sedang terkena penyakit maag sebaiknya juga tidak banyak-banyak mengonsumsi buah salak.

Hal ini karena asam pada salak bisa memperparah penyakit maag pada seseorang dan semakin mengiritasi dinding lambung. Jadi, kalau teman-teman menderita maag batasi jumlah konsumsinya.

3. Melukai Lambung
Teman-teman merasakan lambungnya sudah perih atau ada luka di lambung sebaiknya menghindari makan buah salak.

Karena, bisa menyebabkan luka pada lambung semakin parah dan tentu bisa membuat tidak nyaman. Sembuhkanlah dulu luka pada lambung baru setelah itu teman-teman bisa mengonsumsi salak.

4. Tidak Baik Untuk Penyakit Tifus
Selain orang dengan penyakit maag, orang yang sedang terkena tifus juga sebaiknya tidak mengonsumsi buah salak.

Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada salak ternyata tidak baik bagi orang yang terkena tifus. Konsumsilah makanan yang aman bagi orang dengan penyakit tifus, ya.

5. Memperburuk Sistem Pencernaan
Jika teman-teman mengonsumsi buah salak secara berlebihan, akan mengakibatkan efek yang tidak baik pada perut.

Perut bisa saja perih, mulas, atau membuat sistem pencernaan tidak lancar. Hal ini karena serat pada salak berlebihan kita konsumsi. Jadi, konsumsilah salak dengan batas wajar agar sistem pencernaan tidak bermasalah.

Nah, itulah teman-teman efek samping dari makan buah salak yang berlebihan. Cobalah untuk seimbangi konsumsi dengan berbagai buah-buahan lain dan gaya hidup sehat.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Efek Samping Salak Buah Salak

Berita Lainnya