Travel

Asyik !! Kemenhub, BUMN dan Jasa Raharja Buka Pendaftaran Mudik Gratis, Ini Caranya

Rahman Hasibuan - 15/03/2023 22:51

Beritacenter.COM - Cara daftar mudik gratis Kemenhub, BUMN dan Jasa Raharja 2023. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Jasa Raharja menyelenggarakan program mudik gratis 2023. Pendaftaran mudik gratis telah dibuka.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugianto mengatakan pelaksanaan program mudik gratis pada masa angkutan Lebaran 2023 diharapkan mengurangi pergerakan pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

“Kami perlu mengadakan mudik gratis mungkin bukan hanya di Kementerian Perhubungan tetapi di Kementerian-Kementerian lain dan badan-badan usaha serta perusahaan-perusahaan lain akan mengadakan mudik gratis yang sama dengan harapan akan mengurangi pergerakan mudik dengan sepeda motor,”ucap Hendro dikutip dari Antara.

Ia mengatakan berdasarkan hasil survey yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) menyebutkan bahwa potensi pergerakan masyarakat selama libur Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah itu meingkat 14,2% jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2022 sebesar 85,5 juta orang.

Oleh karena itu, Dia menghimbau pemudik untuk menggunakan fasilitas mudik gratis untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Kemenhub menyiapkan kuota sebanyak 24.072 penumpang untuk mudik gratis dengan menggunakan bus pada mudik gratis angkutan Lebaran 2023 dengan rincian 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik.

Kemenhub menyiapkan total 585 bus dengan rincian 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Kemehub juga menyiapkan 30 truk untuk mengangkut sepeda motor untuk mengangkut 900 sepeda motor. Adapun rinciannya, 15 truk mengangkut, 450 sepeda motor untuk arus mudik dan 15truk mengangkut 450 sepeda motor pada arus balik.

Berikut cara mendaftar:

• Buka aplikasi MitraDarat

• Login dan masukkan alamat email

• Masukkan juga nomor ponsel atau nomor WhatsApp

• Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan

• Setelah berhasil, aplikasi akan menampilkan dashboard MitraDarat

• Klik ikon "Mudik Gratis"

• Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik

• Pilih armada mudik yang sesuai Isi identitas data penumpang

• Klik tombol "Selesaikan Pesanan".

Sementara untuk BUMN yang menjalankan program mudik tahun ini, ialah Jasa Raharja di mana menyediakan moda transportasi bus hingga kereta api.

Ada 40 tujuan pada program mudik gratis Jasa Raharja tahun ini, yaitu tujuan Bandar Lampung, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Kebumen, Yogyakarta, Wonosari, Pacitan, Ponorogo, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Madiun, Pasuruan, Blitar, Jepara, Tuban, Surabaya, Pati, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purwokerto, Wonosobo, Magelang

Pendaftaran program mudik gratis Jasa Raharja 2023 mulai Maret 2023. Sedangkan untuk moda kereta api juga bakal dibuka pada bulan ini.

Pendaftaran moda kereta api harus online. Untuk info selebihnya silakan kunjungi situs websiter mudik.jasaraharja.co.id nantinya Ketika dibuka, situs ini akan bisa diakses.

TAG TERKAIT :
Berita Center Mudik Mudik gratis Mudik di Indonesia

Berita Lainnya