Teknologi

Puji Kepintaran ChatGPT, Bill Gates : Saya Melihat Kemajuan Terpenting dalam Teknologi!

Aisyah Isyana - 25/03/2023 00:24

Beritacenter.COM - Pendiri Microsoft, Bill Gates, turut melemparkan pujian terhadap teknologi ChatGPT besutan OpenAI. Dia menilai, ChatGPT merupakan kemajuan teknologi yang paling revolusioner sejak graphical desktop environment (GUI) yang ditemukan 1980 silam.

Sebelum ada teknologi GUI, orang-orang menggunakan komputer mereka lewat baris perintah. Bill Gates kemudian memanfaatkan teknologi GUI untuk menjadikannya fondasi Windows, yang hingga kini membawa Windows menjadi raksasa perangkat lunak modern.

Saat ini, Gates melihat adanya kesamaan antara momen GUI dengan model ChatGPT OpenAI, yang dapat menulis teks menyerupai tulisan manusia. Bahkan, dapat menghasilkan kode komputer yang cukup baik.

Sebelumnya, Gates tahun lalu mengaku menantang tim OpenAI untuk mengembangkan model kecerdasan buatan yang dapat lulus ujian Advanced Placement Biology. Kini, GPT-4 yang telah dirilis ke publik minggu lalu, telah berhasil mencetak skor maksimum di ujian tersebut.

"Seluruh pengalaman itu menakjubkan. Saya tahu saya baru saja melihat kemajuan terpenting dalam teknologi sejak antarmuka pengguna grafis," tulis Gates di blog pribadinya, seperti dikutip detikINET dari CNBC.

"Perkembangan AI sama fundamentalnya dengan penciptaan mikroprosesor, komputer pribadi, Internet, dan ponsel. Ini akan mengubah cara orang bekerja, belajar, bepergian, mendapatkan perawatan kesehatan, dan berkomunikasi satu sama lain. Seluruh industri akan melakukan reorientasi di sekitarnya. Bisnis akan membedakan dirinya dengan seberapa baik mereka menggunakannya," sambungnya lagi.

Sekedar diketahui, Bill Gates merupakan nama besar terbaru yang pro pada perkembangan AI. Gates bergabung bersama mantan CEO Google Eric Schmidt dan mantan CEO Amazon Jeff Bezos, yang memprediksi jika machine learning berbasis data dapat mengubah seluruh industri.

Sementara itu, CEO Nvidia Jensen Huang menyebut perilisian ChatGPT merupakan 'momen iPhone', yang mengacu pada saat teknologi baru diadopsi secara luas, dan pengusaha melihat peluang itu untuk bisnis dan produk baru mereka.

 

TAG TERKAIT :
Windows Microsoft Bill Gates Kecerdasan Buatan ChatGPT OpenAI GPT-4 Atificial Intelligence

Berita Lainnya