Travel

5 Tips Hemat BBM Selama Berkendara Mudik Lebaran

Rahman Hasibuan - 03/04/2023 19:37

Beritacenter.COM - Mudik lebaran hanya menunggu hitungan hari. Banyak umat musilim di Indonesia memilih untuk kembali kekampung halamannya untuk merayakan hari raya bersama keluarga tercinta.

Perjalanan dengan jarak yang jauh, memiliki tantangan tersendiri, baik kondisi fisik pengendara dan juga kondisi mobil itu sendiri. Dan hal lain yang selalu menjadi permasalahan utama di setiap perjalanan mudik adalah biaya konsumsi BBM dari kendaraan tersebut.

Nah, lalu adakah tips hemat BBM yang bisa dilakukan selama mudik Lebaran? Seperti dikutip situs resmi Suzuki, Senin 3 April 2023, ada 5 tips penting untuk menghemat BBM dari kendaraan yang digunakan. Apa saja?

1. Cek Keadaan mobil

Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya pemilik kendaraan melakukan perawatan atau pengecekan pada kendaraan yang hendak digunakan nanti.

Perawatan rutin mobil seperti ganti oli, filter udara, serta menjaga tekanan angin pada ban dapat membantu mobil Anda beroperasi dengan lebih baik dan menghemat BBM. Pastikan juga untuk
memperhatikan kesehatan mesin mobil dengan memperbaiki masalah mesin sejak dini.

2. Mengemudi dengan baik

Cara mengemudi juga menjadi faktor utama dalam menjaga keiritan konsumsi BBM, pengguna yang memiliki kebiasaan ugal-ugalan akan justru memiliki risiko pengeluaran yang berlebih untuk konsumsi BBM.

Mengemudi dengan bijak seperti menghindari kecepatan yang berlebihan, tidak sering menginjak rem secara tiba-tiba, serta menjaga jarak dengan kendaraan di depan dapat mengurangi konsumsi BBM. Selain itu, hindari mengemudi dengan akselerasi yang tiba-tiba, karena dapat meningkatkan konsumsi BBM.

3. Matikan mesin mobil disaat berhenti

Mesin mobil tetap menyala meski mobil sedang berhenti. Oleh karena itu, ketika sedang berhenti lama, seperti menunggu di lampu merah atau dalam kondisi macet, matikan mesin mobil agar tidak boros BBM.

4. Pakai jenis BBM yang sesuai

Menggunakan jenis BBM yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil dapat membantu mengurangi konsumsi BBM. Pilih BBM yang memiliki oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil dan hindari mencampur bahan bakar dengan jenis yang berbeda.

5. Hindari beban yang berlebih

Tradisi mudik yang bakal terjadi beberapa waktu, akan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Tak heran, jika pada musim mudik Lebaran ini banyak masyarakat yang banyak membawa barang ke dalam kendaraan untuk berbagai keperluan.

Membawa beban yang berlebihan dalam mobil dapat meningkatkan konsumsi BBM. Hindari membawa barang yang tidak perlu dan periksa kapasitas berat maksimal mobil sebelum membawa barang bawaan.

TAG TERKAIT :
Berita Center Tips Hemat Mudik Hemat Mudik BBM Hemat BBM

Berita Lainnya