Kesehatan

5 Manfaat Air Kelapa yang Jarang Orang Ketahui

Rahman Hasibuan - 22/05/2023 14:20

Beritacenter.COM - Air kelapa merupakan minuman yang biasa kita temui dimana saja. Meminum air kelapa dapat mengatasi dehidrasi dan menyegarkan tubuh kita.

Melansir dari medical news today, satu gelas berisi air kelapa berisi 45 kalori. Academy of Nutrition and Dietetics menekankan itu adalah pengganti yang bagus untuk minuman seperti soda dan jus, yang umumnya tinggi kalori, gula, dan karbohidrat.

Ternyata masih ada manfaat lain dari minum air kelapa, jarang diketahui masyarakat, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melembabkan kulit

Salah atau manfaat minum air kelapa atau mengoleskannya ke kulit memiliki efek pelembab. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi air kelapa membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada tikus.

Sementara studi pada tahun 2017, para ilmuwan mengusulkan bahwa air kelapa memiliki efek antimikroba, menunjukkan bahwa mengoleskannya ke kulit dapat membantu mengobati jerawat.

2. Menurunkan kolesterol

Bagi anak muda yang aktif perlu tahu kalau air kelapa bisa meminimalisir kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab air kelapa adalah 94% air dan bebas lemak dan bebas kolesterol.

"Untuk minuman rekreasi, Anda ingin mendapatkan yang tanpa pemanis dan tidak perlu menambahkan sodium," kata Ahli diet Maxine Smith, RDN, LD, dilansir Cleveland Clinic.

3. Kesehatan jantung

Dalam air kelapa mengandung kalium, ternyata membantu mengurangi tekanan darah. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, sebuah penelitian yang lebih tua menemukan bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan jadi diet sehat. Meskipun begitu, seseorang tetap harus mengikuti rekomendasi diet dari dokter.

4. Kontrol gula darah

Minum air kelapa tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis, ternyata membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya. Namun, air kelapa tanpa pemanis mengandung gula alami, sehingga seseorang mungkin perlu membatasi asupannya.

Sebuah studi 2015 yang melibatkan model tikus diabetes. Para peneliti menemukan bahwa air kelapa menyebabkan peningkatan kontrol gula darah dan penurunan kadar gula darah secara keseluruhan.

5. Atasi Morning Sickness

Minum air kelapa ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil, berkat kandungan dalam air kelapa menggantikan elektrolit yang hilang karena morning sickness.

Wanita dengan hiperemesis gravidarum bentuk ekstrim dari morning sickness, juga maka membutuhkan elektrolit tambahan untuk menebus kerugian dari muntah yang berlebihan. Air kelapa mengandung elektrolit berharga seperti kalium, natrium, dan magnesium.

TAG TERKAIT :
Berita Center Air Kelapa Manfaat air kelapa

Berita Lainnya