News

Mentan: Indonesia Bisa Gagal Panen 1,2 Juta Ton Imbas El Nino

Lukman Salasi - 03/08/2023 09:25

BeritaCenter.COM – Indonesia akan menghadapi cuaca ekstrim karena siklus el nino. Dampaknya terhadap pertanian cukup mengerikan, yaitu dapat menimpulkan potensi gagal panen hingga 1,2 juta ton.

"Kemungkinan kekurangan atau produksi yang terimbas dari el nino itu sekitar 300 ribu-1,2 juta ton," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikutip, Kamis 3 Agustus 2023.

Namun, dia mengatakan dari data neraca beras yang dimilikinya, posisi stok beras sampai Desember 2023 masih cukup aman. Bahkan pada bulan September overstock atau kelebihan pasokan mencapai di atas 2,7 juta ton.

"Sampai September kita masih punya overstock di atas 2,7 juta. Artinya, dari setiap bulan masih panen di atas 800 ribu ton itu menghasilkan cukup untuk kebutuhan kita tiap bulannya di atas 2 jutaan," ungkap Syahrul.

Syahrul menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan 500 ribu hektare lahan pangan produktif di sekitar 6 provinsi penghasil beras. Hasil produksi di 6 provinsi ini bakal menjadi cadangan utama Indonesia melewati siklus el nino.

"Saya baru pulang dari 6 provinsi dan 6 provinsi menyatakan kesiapannya untuk mempersiapkan lahan yang kita konsentrasikan kalau ada besok masalah dengan el nino untuk kepentingan nasional. Enam daerah itu antara lain Sumut, Sumsel, 3 di Jawa, di tambah dengan Sulsel," beber Syahrul

"Kemudian penyangganya ada Kalsel, NTB, Banten, dan Lampung," lanjutnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Cuaca Ekstrim Menteri pertanian Gagal Panen El Nino Dampak El Nino

Berita Lainnya