Politik

Menafsir Adegan Prabowo Menolak Bercermin, kok Kayak Takut Gitu Ya?

Indah Pratiwi - 21/09/2023 17:05

Jujur saya agak terkejut ketika dalam acara di UGM kemarin Najwa Shihab meminta ketiga tokoh yang diundang untuk hadir sebagai sosok bacapres untuk berdiri di depan cermin, buat ngaca sambil berefleksi diri sekaligus memberitahukan kepada publik hasil refleksi itu secara langsung.

Keren juga kemasan acaranya. Lewat refleksi diri sambil meminta ketiga tamu undangan buat ngaca, audience, netizen, dan masyarakat yang menonton acara semalam bisa mendapatkan gambaran lebih dini mengenai sosok bacapres yang akan bersaing pada Pilpres 2024.

Saya lebih terkejut lagi setelah menonton adegan ngaca dari Prabowo, Ganjar, dan Anies ... lalu mendapati bahwa hanya seorang Ganjar Pranowo yang saya nilai lulus dalam ujian refleksi diri itu, Anies Baswedan cukup mendapat nilai standar, sementara Prabowo Subianto minus.

Penolakan Prabowo untuk bicara di depan cermin juga mengejutkan, karena Ketum Gerindra ini bahkan seperti alergi berdiri agak lama di depan cermin. Masa' sih tokoh senior seperti beliau nggak pernah bercermin di rumahnya?

Alasan sebenarnya kenapa Prabowo seperti tak tahan berlama-lama ngaca tentu dia sendiri yang bisa menjawab dengan jujur, meskipun boleh juga kita menduga dan menebak apa yang terjadi dengan Menhan Prabowo kemarin di hadapan para mahasiswa UGM.

Misalkan saja, mungkin Prabowo tak tahan mendapati fakta bahwa dirinya tak muda lagi. Sosok renta, terlihat letih tapi masih bernafsu dengan jabatan RI-1 akan jelas terlihat seandainya Prabowo 30 detik saja berdiri lebih lama di depan cermin.

Atau, mungkinkah Prabowo lantas teringat dengan masa lalunya yang sebagian mungkin tak ingin dikenang olehnya, juga kalau bisa dihaous saja dari sejarah hidupnya? Sekali lagi, hanya Prabowo yang tahu alasan sebenarnya soal adegan bercermin itu. Namun yang jelas, tampaknya ada sesuatu yang "menakutkan" Pak Menhan di balik cermin itu. Benarkah?

Nah, mumpung adegan cermin itu masih hangat, silakan Anda bisa ikut menebak kira-kira apa alasan Prabowo menolak bercermin sedikit lebih lama di hadapan Mbak Nana dan para akademisi UGM kemarin. Mungkinkah ada yang ingin beliau sembunyikan atau tak ingin diingatkan tentang sosok Prabowo berkaitan dengan masa lalunya?

Entahlah ... tapi yang jelas jika dibandingkan performa ketiga bacapres kemarin, jelas terlihat bahwa Ganjar Pranowo-lah juaranya. Mungkin ada baiknya sosok capres junjungan Permadi Arya itu suatu saat bisa belajar refleksi diri bersama Ganjar Pranowo. Nggak sekarang, tapi nanti saja tahun depan setelah Ganjar resmi jadi Presiden RI ke-8.

TAG TERKAIT :
Prabowo Prabowo Subianto Prabowo Tidak Mau Ngaca

Berita Lainnya