Nasional

Ganjar: Korupsi Sulit Diberantas Jika Pemimpinnya Tidak Bersih

Lukman Salasi - 12/10/2023 11:38

BeritaCenter.COM – Calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menegaskan butuh upaya besar dan keseriusan untuk memberantas perilaku koruptif.

Menurut Ganjar, kuncinya ialah integritas seluruh aparatur sipil negara dan pelayan masyarakat. Dia mengatakan yang paling mendesak dilakukan ialah mereformasi birokrasi, lembaga dan para pemimpin tertinggi di negeri ini.

Mereka yang duduk di jabatan tinggi harus berintegritas dan melayani masyarakat dengan mudah, murah dan cepat.

"Percayalah, jika pemimpin tertinggi tidak bersih, maka pemberantasan korupsi tidak akan terwujud. Harus ada contoh, dan para pemimpin tertinggi sebagai aktor utama ini yang memiliki peran penting," kata Ganjar dikutip, Kamis 12 Oktober 2023.

Menurut Ganjar, mereka yang mendapatkan amanah harus memberikan contoh yang baik. Selama ini, praktik korupsi terjadi karena tekanan dari pimpinan.

"Budaya kita itu, kalau pemimpin tertingginya tidak minta setoran, tidak minta komisi dan tidak memperjualbelikan jabatan, maka anak buahnya pasti meniru. Harus ada contoh dari atasan ke bawahan agar integritas benar-benar bisa berjalan," paparnya.

Dia menambahkan jika integritas sudah terwujud dan korupsi bisa disikat, maka pembangunan negara akan lebih mudah. Menurutnya, anggaran negara bisa dinaikkan dua kali lipatAnggaran juga bisa digunakan untuk pembangunan, baik itu fisik maupun sumber daya manusia.

Lebih lanjut Ganjar mendorong supaya pemberantasan korupsi tidak hanya fokus pada penindakan. Upaya pencegahan juga perlu dilakukan. 

Ganjar mencontohkan seperti yang dilakukannya di Jawa Tengah.

Eks gubernur Jateng yang menjabat dua periode itu mengajak seluruh bupati/wali kota menerapkan kurikulum antikorupsi di sekolah-sekolah, sehingga pencegahan korupsi sudah ditanamkan pada masyarakat sejak dini.

"Kalau korupsi sudah disikat, ditambah sistem pemerintahan yang berbasis digital, maka pelayanan pada masyarakat akan makin mudah," katanya.

Menurut Ganjar, masyarakat bisa mengakses pelayanan dengan mudah, perizinan tidak berbelit, investasi berdatangan. "Negara kita benar-benar menjadi negara maju," pungkas Ganjar.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ganjar Pranowo Pemberantasan Korupsi Capres 2024 Komitmen Ganjar

Berita Lainnya