Bola

Del Piero : Sepakbola Italia Membosankan, Levelnya Menurun Dibandingkan Masa Lalu

Aisyah Isyana - 21/10/2023 01:22

Beritacenter.COM - Legenda Juventur, Alessandro Del Piero, melemparkan kritikan terhadap sepakbola Italia yang dinilainya semakin membosankan. Del Piero menilai, level sepakbola di negaranya itu semakin menurun, terlebih jika dibandingkan dengan masa lalu.

Del Piero merupakan generasi pesepakbola yang merasakan kedigdayaan sepakbola Italia di periode 1990-an. Dimana saat itu Serie-A masih menjadi liga nomor satui dunia, dan menjadi magnet bagi bintang-bintang papan atas untuk merumput di Serie-A.

Sayangnya, kejayaan liga Italia mulai berakhir setelah kalah saing dengan Premier League di periode 2000-an. Terlebih, adanya skandal Calciopoli yang melibatkan tim-tim besar seperti Juventus, AC Milan dan Lazio, kian membuat pamor Serie-A kian jatuh.

Alhasil, liga Italia kerap kali kebanyakan dihuni para pemain uzur, ketimbang bakat-bakat muda di usia emas. Turunnya kualitas Serie-A sedikitnya juga turut berpengaruh ke performa Timnas Italia yang kian menurun, mengingat mayoritas penggawa Azzuri banyak yang bermain di liga lokal ketimbang di luar negeri.

Bahkan, timnas Italia masih belum mampu lolos ke Piala Dunia dalam edisi terakhir. Puasa gelar La Nazionale baru berakhir saat mereka berhasil memenangkan titel Piala Eropa 2020.

Buruknya kualitas sepakbola Italia turut mendapat sorotan dari legenda Juventus, Alessandro Del Piero. Pesepakbola yang menyabet medali juara Piala Dunia 2006 ini turut membenarkan jika permainan sepakbola di Italia saat ini jauh lebih membosankan ketimbang saat dirinya dulu masih merumput.

"Statistiknya jelas. Sepak bola menjadi membosankan di Italia karena levelnya menurun dibandingkan masa lalu," kata Del Piero, dilansir dari Football Italia.

"Para pemain terbaik pernah bermain di sini. Semua orang ingin berkompetisi di sini. Sekarang pemain terbaik pergi ke Premier League, LaLiga, atau bahkan Prancis atau Jerman. Tidak di sini. Sepakbola tidak membosankan di Inggris," dia menambahkan.

"Ada faktor lain juga. Teknologi misalnya. Ponsel dan video game memberikan tingkat kepuasan yang tidak pernah saya ketahui di masa kecil saya. Masyarakat digital membuat kita hidup lebih baik, namun menghilangkan kreativitas kita," pungkas Del Piero.

TAG TERKAIT :
Serie-A Sepakbola Italia Liga Italia Del Piero Alessandro Del Piero

Berita Lainnya