Travel

Ini 3 Terowongan Misterius di Yogyakarta, Ada Tempat Pertemuan Sultan dan Nyi Roro Kidul

Baharuddin Kamal - 16/11/2023 21:29
Sumur Gumuling.

Beritacenter.COM - sedikitnya terdapat 3 terowongan misterius di Yogyakarta atau Jogja. Keberadaan dan kebenarannya tentang terowongan tersebut sering dituturkan dalam cerita-cerita di masyarakat.

Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari banyaknya tempat wisata, terutama bertemakan sejarah dan edukasi di Jogja. Mulai dari keraton, tugu, candi, dan lainnya.

Selain bangunan bersejarah, Yogyakarta juga memiliki berbagai terowongan. Beberapa masih beroperasi hingga saat ini, lainnya ada yang tak berfungsi.

Bahkan, ada pula terowongan yang menjadi misteri bagi masyarakat asli Yogyakarta. Berikut 3 terowongan misterius di Yogyakarta :

1. Sumur Gumuling
Sumur Gumuling merupakan terowongan bawah tanah yang berada di komplek Taman Sari Yogyakarta. Bangunan ini telah ada sejak tahun 1765 dan difungsikan sebagai sebagai masjid dan sumur. Namun sejak 1812, tempat ini tidak lagi berfungsi sebagai masjid.

Bentuk Sumur Gumuling yang layaknya sebuah terowongan menyimpan berbagai misteri. Konon terowongan Sumur Gumuling menjadi penghubung Taman Sari Yogyakarta dengan Pantai Selatan, tempat pertemuan antara Sultan Hamengkubuwono dan Nyi Roro Kidul.

2. Terowongan di Kotabaru Yogyakarta
Kotabaru merupakan sebuah kawasan yang dibangun pada sekitar tahun 1918 an. Di daerah berdiri berbagai bangunan-bangunan vital era kolonial mulai dari sekolah, akademi militer, kantor kementerian, hingga rumah sakit jaman Belanda.

Di kawasan Yogyakarta, beredar kisah misteri kalau terdapat terowongan yang menghubungkan antara SMAN 3 - SMPN 5 dan Rumah Sakit Bethesda. Terowongan ini diduga dibangun sebagai tempat perlindungan bagi masyarakat sipil pada zaman perang dahulu.

3. Terowongan antara SMA 11 dan SMPN 6 Yogyakarta
Terowongan misterius berikutnya adalah terowongan di bawah SMK 2 Jogja yang terhubung antara SMA 11 dan SMPN 6 Yogyakarta. Menurut cerita yang beredar, pintu masuk terowongan ini berada di bawah aula SMK 2 Jogja.

Terowongan ini membentang lurus mengikuti arah sungai. Diduga kuat jika terowongan ini adalah bangunan yang sangat penting di era penjajahan Belanda.

TAG TERKAIT :
Berita Center Yogyakarta Destinasi Wisata Terowongan Misterius

Berita Lainnya