News

Sabet Penghargaan Polwan Terbaik PBB 2023, Briptu Renita : Terima Kasih Bapak Kapolri

Aisyah Isyana - 17/11/2023 13:22

Beritacenter.COM -Briptu Renita Rismayanti mendapat penghargaan Polwan Terbaik 2023 dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Atas adanya penghargaan itu, Renita turut berterima kasih ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang telah mendukungnya menjadi pasukan perdamaian PBB.

"Award ini tidak akan tercapai tanpa dukungan Kepala Kepolisian RI. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah mendukung saya dalam misi PBB ini," ucap Renita dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11/2023).

Selain itu, Renita juga berterima kasih ke Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Krishna Murti, yang telah menjadi pembimbingnya selama mengemban misi sebagai pasukan peacekeeper di Afrika Tengah.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kadiv Hubinter Polri atas seluruh dukungan dan bimbingan kepada saya," imbuh dia.

Untuk diketahui, PBB memberikan penghargaan United Nations Woman Police Officer of the Year Award kepada Renita Rismayanti, yang tengah bertugas menjadi petugas Database Kejahatan dengan misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA). Pemberian penghargaan itu dilakukan pada Pekan Polisi PBB 2023 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023).

Selama mengemban misi sebagai pasukan perdamaian PBB, Briptu Renita diketahui telah membantu pembuatan konsep dan pengembangan basis dara (database) kriminal, sehingga memudahkan polisi PBB memetakan dan menganalisa titik rawan kejahatan di Afrika Tengah. Database itu sangat membantu pasukan kemanan negara melancarkan operasi dengan lebih baik.

"Dia contoh yang bagus tentang bagaimana partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam pemeliharaan perdamaian meningkatkan efektivitas pekerjaan perlindungan dan pembangunan perdamaian kita untuk lebih memenuhi tantangan hari ini dan besok," ungkap Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian Jean-Pierre Lacroix dalam keterangan tertulis.

Penasihat Polisi PBB Faisal Shahkar menyebut masa depan kepaolisian PBB akan sangat terbantu dengan adanya database yang dikonsepkan dan dikembangkan Briptu Renita. Menurutnya, Briptu Renita merupakan bukti nyata polisi perempuan yang dapat membuat gagasan baru berbasis teknologi.

"Dia dan rekan-rekannya membantu membangun kepercayaan dan kepercayaan antara otoritas lokal dan komunitas, yang membuat pekerjaan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih efektif dan orang-orang lebih aman," ujar Faisal.

TAG TERKAIT :
POLRI PBB Briptu Renita Rismayanti Pasukan Perdamaian PBB Peacekeeper

Berita Lainnya