Kesehatan

6 Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Rahman Hasibuan - 20/11/2023 14:20

Beritacenter.COM - Beberapa manfaat air kelapa tua untuk kesehatan tubuh adalah menurunkan tekanan darah tinggi, membantu menurunkan gula darah, hingga meningkatkan kesehatan jantung. Berbagai khasiatnya ini tidak mengherankan karena air kelapa mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Manfaat air kelapa tua lebih dari sekadar melepas dahaga. Air dari buah yang menyegarkan ini juga menyimpan sederet khasiat yang baik untuk tubuh. Tak heran, soalnya air kelapa tua mengandung segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya, baik air kelapa tua maupun yang muda sama-sama memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Secara umum, berikut sederet manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat air kelapa tua adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian kecil dalam The West Indian Medical Journal menunjukkan bahwa air kelapa tua dapat menurunkan tekanan darah tinggi terutama pada tekanan darah sistolik sebesar 71%.

Selain itu, kandungan air kelapa tua yang tinggi kalium dan rendah natrium juga berkontribusi terhadap manfaatnya yang satu ini.

2. Sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh

Manfaat air kelapa tua selanjutnya adalah mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Nah, kandungan air kelapa tua yang kaya antioksidan dipercaya dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi dalam sel tubuh selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas dalam tubuh akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika terlalu banyak zat radikal bebas dalam tubuh, sel-sel tubuh bisa menjadi rusak dan meningkatkan risiko beragam penyakit..

3. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat air kelapa tua lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Sebab, air kelapa kaya akan magnesium, kalium, mangan, vitamin C.

Gabungan nutrisi ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa satu ini. Pasalnya, khasiatnya yang satu ini baru dibuktikan pada hewan uji.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi air kelapa tua juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.

Suatu penelitian uji hewan yang dirilis dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine menemukan, hewan uji yang meminum air kelapa tua mengalami penurunan tekanan darah sistolik, trigliserida, serta perlemakan hati.

Peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan pada manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi.

Misalnya, seseorang yang memiliki berat 68 kilogram harus mengonsumsi 2,7 liter air kelapa setiap harinya.

Oleh sebab itu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk membahas manfaat air kelapa tua yang satu ini.

5. Mencegah batu ginjal

Memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan tubuh yang cukup setiap hari sangat baik untuk mencegah batu ginjal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk memenuhi asupan cairan tubuh, sekaligus membantu mencegah penyakit batu ginjal (kencing batu).

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan pada tikus. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa air Cocos nucifera mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih.

Selain itu, manfaat air kelapa tua juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Para peneliti pun percaya bahwa air Cocos nucifera dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urine.

Sayangnya, ini merupakan penelitian pertama yang meneliti manfaat air kelapa tua dalam mencegah batu ginjal. Oleh karena itu, masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut guna memastikannya.

6. Menghidrasi setelah berolahraga

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari meminum air kelapa tua adalah dapat memulihkan dehidrasi serta mengisi kembali cairan tubuh dan elektrolit yang hilang setelah berolahraga.

Elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium, adalah mineral yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan asupan cairan tubuh.

TAG TERKAIT :
Berita Center Air Kelapa

Berita Lainnya