Politik

Pakar Nilai Jokowi Tak Akan Berani Keluar dari PDIP: Dampak Negatifnya Besar

Lukman Salasi - 23/11/2023 12:31

BeritaCenter.COM - Peneliti SMRC Saidiman Ahmad yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan berani keluar dari PDIP atau menjadi 'anak durhaka'.

Dia mengatakan Jokowi masih punya kepentingan terhadap PDIP. Selain itu, jika keluar dari PDIP akan memberikan dampak negatif bagi Jokowi dan Gibran yang sedang ikut kontestasi Pilpres 2024.

"Jokowi juga masih punya kepentingan dengan itu. Kalau iya benar-benar mengambil jarak dari PDIP sebenarnya di publik juga ada sentimen negatif juga dengan itu. Seolah-olah pemimpin yang tidak pandai membalas budi," kata Saidiman dikutip, Kamis 23 November 2023.

Saidiman mengatakan Jokowi akan melakukan kalkulasi matang jika benar-benar ingin meninggalkan PDIP. Dia menyinggung indikasi partai baru Jokowi akan memberikan dukungan saat Jokowi telah selesai menjabat sebagai presiden.

"Jadi di sana ada kepentingan Jokowi dan jangan lupa siapa yang bisa menjamin kalau betul-betul Jokowi merapat ke Prabowo Subianto, rumah baru ini akan benar-benar memperlakukan Jokowi sebagaimana mereka memperlakukan sekarang ketika Pak Jokowi sudah tidak ada dalam kekuasaan," katanya.

Menurut Saidiman, Jokowi akan berhitung mengenai citranya di publik ketika harus meninggalkan PDIP. Dia mengatakan Jokowi pasti menghindari citra 'anak durhaka'.

"Jadi dia punya kepentingan menjaga image di publik agar dia tidak jatuh sebagai katakanlah sebagai 'anak durhaka' dalam politik meninggalkan rumah politiknya ketika dia sudah ada di puncak, ketika dia sudah tidak membutuhkan," katanya.

Dia menyinggung soal efek elektabilitas ke putra Jokowi yang juga cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka jika Jokowi benar meninggalkan PDIP. Dia mengatakan akan ada sentimen negatif jika hal itu terjadi dan berpotensi menurunkan suara Gibran.

"Kalau itu dilakukan secara eksplisit itu bisa menjatuhkan wibawa Pak Jokowi sebagai seorang figur dan mungkin juga berpengaruh pada elektabilitas Gibran sebagai anaknya dengan posisi Pak Jokowi seperti itu," ucap Saidiman.


TAG TERKAIT :
Berita Center PDIP Presiden Jokowi SMRC Tak Berani Keluar

Berita Lainnya