Politik

TKN Prabowo soal Food Estate Dikritik Anies : Permainan Diksi, Permainan Kata-kata!

Aisyah Isyana - 26/11/2023 13:22

Beritacenter.COM - Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran turut berkomentar soal kritikan capres nomor urut 1, Anies Baswedan, terkait program food estate. Dalam hal ini, TKN Prabowo-Gibran menyebut apa yang disampaikan Anies dan apa yang dikerjakan pemerintah saat ini tetap memiliki kesamaan tujuan, yakni soal ketahanan pangan.

"Pemilih muda sekarang sudah pinter-pinter, ujungnya kan soal ketahanan pangan," Komandan Fanta dari TKN Prabowo-Gibran, Arief Rosyid, kepada wartawan, Minggu (26/11/2023).

Menanggapi kritikan soal food estate, Arief menganggap Anies hanya menyampaikan permainan diksi. Dia menilai, para pemilih dominan yang berasal dari kalangan muda tak akan memusingkan hal tersebut.

"Jadi permainan diksi, permainan kata-kata, diputar seperti apapun sudah tidak pusing," ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief menyinggung soal perlunya keberlanjutan program dalam transisi pemerintahan saat ini dengan pemerintahan selanjutnya, termasuk soal food estate tersebut.

"Indonesia sangat kaya, perlu ada keberlanjutan dan penyempurnaan dari program-program baik dari setiap kepemimpinan yang ada sebelumnya," kata dia.

Dibertakan sebelumnya, Anies Baswedan menyampaikan kritikan soal food estate. Anies mengatakan akan menggulirkan agenda pangan berupa contract farming, alih-alih food estate jika terpilih menjadi presiden.

Anies menyampaikan tinjauan kritisnya soal food estate dari mimbar 'Konferensi Orang Muda Pulihkan Indonesia', dalam acara WALHI yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

"Fokus kita ke depan, kita tidak akan mengkonsentrasikan kepada food estate. Justru kita ingin contract farming dibangun untuk Indonesia ke depan," kata Anies disambut tepuk tangan seisi ruangan.

Menurutnya, food estate berpendekatan sentralistik, sementara contract farming akan lebih berpendekatan ke desentralisasi. Dengan begitu, food estate hanya memberikan kepastian di kawasan pertanian itu sendiri, sementara contract farming memberi kepastian untuk seluruh petani.

Adapun fokus food estate adalah ekstensifikasi lahan sehingga merusak ekologi, sementara contract farming adalah mengintensifikasi lahan yang sudah ada agar lebih produktif.

"Mengapa food estate ini bukan menjadi opsi? Karena ini adalah pendekatan di mana negara menguasai produksi secara sentralistik," kata Anies.

TAG TERKAIT :
Anies Baswedan Prabowo Subianto Pilpres 2024 Pemilu 2024 Food Estate Contract Farming TKN Prabowo-Gibran

Berita Lainnya