News

Anies Baswedan: Perkuat Persaudaraan untuk Jaga Kebinekaan Indonesia

Rahman Hasibuan - 27/11/2023 10:06

Beritacenter.COM - Calon presiden Anies Rasyid Baswedan mengajak masyarakat menjaga persatuan dalam keberagaman dengan mempererat tali persaudaraan. Selain itu, dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat mengamankan pemilihan umum dan menggunakan hak politik sesuai dengan pilihan masing-masing.

Ajakan itu disampaikan Anies saat menghadiri acara Temu Kadang dan Deklarasi Pemilu 2024 Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) seluruh wilayah Madiun Raya di Stadion Wilis Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (26/11/2023). Acara itu juga dihadiri Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan itu memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Persaudaraan Setia Hati Terate yang memilih mengambil tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemilihan umum yang akan berlangsung pada Februari 2024. Pesta demokrasi lima tahunan itu diharapkan berlangsung dengan damai, jujur, dan adil.

”Menyongsong pemilihan itu, PSHT memilih mengambil tanggung jawab untuk ikut mengamankan, ikut memastikan, jujur dan adil. (Oleh karena itu) izinkan kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas pilihan untuk ikut ambil tanggung jawab dalam pemilu dan pilpres ke depan,” ujar Anies.

Capres yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut mengatakan, berbicara tentang PSHT, ada empat tahapan untuk menuju persaudaraan. Perkenalan, pertemanan, persahabatan, dan yang paling tinggi adalah persaudaraan.

PSHT yang berusia 101 tahun, lanjut Anies, telah menetapkan bukan hanya perkenalan, pertemanan, persahabatan, melainkan juga telah menjadi persaudaraan yang turut menjaga keutuhan persatuan Republik Indonesia. Persaudaraan seperti itulah yang sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia karena memiliki keberagaman yang tinggi, baik budaya, suku, maupun bahasa, termasuk agama.

”Setiap kita menjaga persatuan agar kebinekaan tetap ika. Kebinekaan tetap satu. Bukan kebinekaan yang menceraikan, tetapi kebinekaan yang mempersatukan. Dan, PSHT yang sebarannya ada di berbagai wilayah Indonesia telah berjasa menjadi salah satu perekat ikatan kebangsaan kita,” kata Anies.

Sebagai salah satu kontestan dalam pilpres, pihaknya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas komitmen PSHT yang memilih untuk berada di posisi mengamankan dan memastikan suara rakyat benar-benar terjamin. Pilihan rakyat benar-benar yang senyatanya akan memberikan arah baru bagi Indonesia ke depan. Karena itulah, menurut Anies, sikap PSHT patut diteladani.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, sikap bertanggung jawab yang dimiliki PSHT mencerminkan karakter yang ditumbuhkan di dalam persaudaraan ini. Bukan sekadar ilmu bela diri fisik, melainkan juga pembangunan karakter kokoh yang ketika bangsa membutuhkan, PSHT memilih turun tangan. Bukan sekadar urun angan. Bukan sekadar mengungkapkan harapan, melainkan juga melakukan langkah yang nyata.

”Sebuah sikap yang perlu menjadi teladan, yang perlu menjadi contoh. Terima kasih kepada semua yang memilih untuk terlibat dan secara khusus kepada seluruh pimpinan, seluruh dewan pembina, dewan pusat, dan seluruh pimpinan PSHT,” kata Anies.

TAG TERKAIT :
Indonesia Berita Center Anies Baswedan Anies Baswedan Ajak Masyarakat untuk mencintai

Berita Lainnya