Nasional

Solidaritas Buruh Indonesia Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Alasannya

Lukman Salasi - 27/11/2023 11:47

BeritaCenter.COM - Solidaritas Buruh Indonesia mendeklarasikan dukungan kepada capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Acara deklarasi tersebut digelar di GOR Otista, Jakarta Timur, Minggu (26/11/2023). Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, dan Wakil Ketua TPN Andi Gani Nena Wea menghadiri deklarasi tersebut.

Presiden KSBSI, Elly Rosita Silaban, mengatakan pihaknya mendukung Ganjar-Mahfud karena meyakini keduanya mau mendengar suara hati buruh. Dia mengatakan cuma Ganjar yang bersedia menerima pihaknya.

"Sebenarnya seperti yang saya katakan bahwa kami meminta juga capres-capres lain untuk mengundang kita. Tetapi yang bersedia, yang menerima kita itu hanyalah Pak Ganjar satu-satunya. Saya kira beliau lah yang memang punya hati untuk mendengar kami," kata Elly.

Dia juga menyerahkan dokumen yang disebutnya 'Peta Jalan Reformasi Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia' kepada Arsjad. Salah satu permintaan mereka ialah perbaikan UU Cipta Kerja.

Berikut isi peta jalan reformasi hukum ketenagakerjaan di Indonesia yang diserahkan ke Arsjad:

1. Bahwa keadilan sosial penting bagi buruh, rakyat dan bangsa Indonesia.

2. Bahwa pertumbuhan ekonomi penting namun tidak cukup untuk menjamin terwujudnya keadilan sosial apabila negara mengabaikan parisipasi buruh/serikat buruh atas setiap perubahan instrumen hukum yang bersinggungan dengan hak-hak dasar dan hak asasinya.

3. Bahwa Omnibus Law UU Cipta Kerja yang bersinggungan dengan hak-hak dasar dan hak asasi buruh hanyalah untuk pertumbuhan ekonomi negara, bukan untuk pertumbunan sosial-ekonomi buruh. Omnibus Law UU Cipta Kerja justru mendegradasi hak-hak dasar
dan hak asasi buruh dan serikat buruh.

4. Bahwa setelah melakukan kajian atas kapabilitas, integritas, kejujuran dan keberanian atas diri pasangan Capres-Cawapres 2024, kami yakin pasangan Capres/Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud mau dan mampu mewujudkan reformasi Politik Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia yang mensejahterakan tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme dengan jalan memperbaiki UU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan dan mereformasi 10 Undang Undang di bidang ketenagakerjaan.

Arsjad pun menyambut positif dukungan massa buruh kepada Ganjar-Mahfud. Dia mengatakan peta jalan reformasi hukum ketenagakerjaan akan masuk ke dalam visi misi Ganjar-Mahfud.

"Saya menyambut baik dan juga tadi kami diberikan salah satu tagihan program yang ingin dimasukkan ke dalam visi misi Ganjar-Mahfud," kata Arsjad.

Arsjad berharap rakyat Indonesia dapat melihat rekam jejak pasangan Ganjar-Mahfud. Dia mengatakan Ganjar dan Mahfud juga punya rekam jejak terkait persoalan buruh.

"Kami punya keyakinan bilamana rakyat Indonesia mengenal Mas Ganjar dan Prof Mahfud secara karakter, secara bagaimana personality-nya, inilah yang dipegang Mas Ganjar dan Prof Mahfud," ucapnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pilpres 2024 Pendukung Ganjar Ganjar-Mahfud Dukung Ganjar-Mahfud Solidaritas Buruh Indonesia

Berita Lainnya