Politik

Dewan Pakar TKN Buka Suara Soal Kritik Anies : Contract Framing Tak Bisa Gantikan Food Estate !

Baharuddin Kamal - 27/11/2023 17:01
Food Estate.

Beritacenter.COM - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sadar Subagyo buka suara terkait kritikan Anies Baswedan soal program Food Estate, salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sadar Subagyo menilai, solusi Contract Framing yang ditawarkan oleh Anies adalah solusi yang baik. Namun, tidak bisa menggantikan peran dari Food Estate.

“Contract Farming itu untuk menjamin kepastian pasok dan harga jual. Sedangkan Food Estate adalah perluasan area tanam untuk meningkatkan produksi. Ini solusi berbeda, untuk masalah yang berbeda.” jelasnya.

Menggabungkan dua hal tersebut, menurut Sadar, adalah hal yang saat ini ditawarkan oleh pasangan Prabowo-Gibran. “Yang ideal adalah penggabungan antara Contract Farming dan Food Estate. Petani bisa melakukan kontrak dengan Bulog dengan kepastian pasok misalnya, 1 juta ton beras di tahun ke-4 setelah kontrak, dengan harga tertentu, ini contoh contract farming.” jelas Sadar.

“Nah, untuk menyediakan beras tersebut, Petani kemudian dalam waktu 3 tahun membuka Food Estate misalnya seluas 300.000 hektare untuk memenuhi kontrak tersebut.” sambungnya.

Pasangan Prabowo-Gibran, tutur Sadar Subagyo, berkomitmen melanjutkan program Food Estate dengan berbagai penyempurnaan. Food Estate termasuk dari salah satu program prioritas dari visi misi pasangan nomor urut 2 tersebut terkait dengan swasembada pangan, energi, dan air.

“Melanjutkan dan menyempurnakan program Kawasan Sentra Produksi Pangan atau Food Estate. Terutama untuk padi, jagung, singkong, kedelai, dan tebu. Ditargetkan minimal 4 juta hektare tambahan luas panen tanaman pangan tercapai pada 2029. Itu sudah ada di program dan di Astacita yang ke-2.” ucapnya.

Penyempurnaan Food Estate di pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya, kelak jika terpilih, menyangkut penggunaan istilah lumbung pangan sebagai sebuah kawasan pangan yang luas di mana teknik-teknik intensifikasi diaplikasikan.

TAG TERKAIT :
Berita Center Anies Baswedan Food Estate TKN Prabowo-Gibran Kritik Food Estate

Berita Lainnya