News

Anggota DPRD DKI Minta Pembangunan JIS Diusut Tuntas : Tidak Sesuai Janjinya !

Baharuddin Kamal - 27/11/2023 19:05
Jakarta International Stadium.

Beritacenter.COM - Anggota DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, menyoroti terkait masalah yang muncul di Jakarta International Stadium (JIS) selama penyelenggaraan Piala U-17. Dia meminta agar pembangunan JIS diusut tuntas.

Padahal, lanjut Anggara, pembangunan JIS menghabiskan dana Rp 4,5 triliun yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI era kepemimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan. Dia menyebut bahwa stadion berkapasitas 82 ribu orang itu tidak sesuai dengan janji yang dibuat Anies.

"Untuk stadion yang menghabiskan biaya Rp 4,5 triliun ternyata JIS tidak secanggih janjinya," ujar Anggara dalam keterangannya, Senin (27/11/2023).

Bahkan, dia juga turut menyoroti komentar NasDem yang jutru menyalahkan PSSI atas banjir di JIS. Menurutnya, sudah sejak awal JIS memiliki banyak masalah. "Mulai dari sistem buka tutup atap yang tak berjalan hingga area sekitar stadion yang ternyata banjir begitu hujan turun," ungkapnya.

"Kalau NasDem mempermasalahkan banjir di lapangan JIS, berarti kritikan itu untuk Pak Anies dan pengelola stadion. Stadion itu dilengkapi teknologi buka tutup atap. Faktanya pekan lalu pun terjadi banjir di gate JIS karena sumbatan," sambungnya.

Oleh karena itu, ia merasa Stadion JIS patut diusut tuntas pengerjaannya. Sebab, dana rakyat yang dikeluarkan untuk membangun stadion tak sedikit.

"Saat ini saya rasa kita harus fokus melakukan pembenahan daripada komentar yang tidak perlu," kata Anggara.

Laga Piala Dunia U-17 antara Brasil melawan Argentina ditunda lantaran lapangan JIS tergenang air. PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan.

"Sudah langsung kami tindak lanjuti, pengecekan seluruh sistem utilitas di lapangan dan memastikan semua bekerja dengan baik," ujar Direktur Utama JakPro, Iwan Takwin, saat dihubungi, Sabtu (25/11/2023).

Iwan mengatakan, saat malam pertandingan, curah hujan tinggi. Ia juga menyebutkan saat itu hanya seperempat lapangan yang tergenang air.

"Memang semalam curah hujan sangat tinggi sekali dan juga yang tergenang hanya seperempat sisi barat lapangan," kata Iwan.

Iwan mengatakan genangan air terjadi lantaran debit air yang tinggi. Ia lantas menyebutkan ke depan kejadian tersebut tidak terulang. "Debit air yang sangat tinggi. Insyaallah (tidak ada genangan lagi)," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center DPRD DKI JIS Jakarta Internation Stadium

Berita Lainnya