Politik

Bahlil ke Anies soal IKN : Kan PKB Setuju, Terus Apa yang Mau Dikritik?

Aisyah Isyana - 27/11/2023 21:58

Beritacenter.COM - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia turut berkomentar soal kritikan capres nomor urut 1, Anies Baswedan, terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahlil kemudian menyinggung soal PKB yang setuju dengan pembangunan IKN.

Sebagaimana diketahui, PKB merupakan partai koalisi pengusung capres nomor urut 1, Anies Baswedan. Terlebih, Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat ini merupakan cawapres pendamping Anies di Pemilu 2024.

"Apa yang mau dikritik? Itu kan PKB juga setuju," kata Bahlil kepada wartawan, di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Dalam Rancangan Undang-Undang IKN yang disahkan menjadi Undang-undang oleh DPR dalam rapat paripurna pada 3 Oktober 2023 lalu, diketahui hanya fraksi PKS yang menolak. Partai Demokrat menyetujui dengan catatan, sementara PKB bersama fraksi parpol lainnya menyetujui RUU IKN disahkan menjadi UU IKN.

Dengan begitu, tujuh fraksi parpol di DPR menyetujui UU tersebut. Untuk itu, Bahlil kembali menekankan soal pembangunan IKN yang telah menjadi undang-undang, yang otomatis harus dijalankan sesuai mekanisme.

"Itu kan undang-undang, jadi kita itu di negara ini harus berjalan berdasarkan undang-undang, partai AMIN itu kan juga PKB kan, dan itu adalah undang-undang dan sekarang kan jalan terus ya itu merupakan kewajiban," kata Bahlil.

Pada kesempatan itu, Bahlil turut menepis jika pernyataan Anies mengganggu proses investasi di IKN. Dia justru berkelakar jika hal itu justru mengganggu pasangan AMIN.

"Nggak (nggak ganggu investor). Mungkin mengganggu pasangan AMIN," ujar Bahlil.

Untuk itu, Bahlil meminta agar semua pihak menikmati proses politik yang ada, sehingga tak ada unsur saling menyalahkan terlebih jika ada kondisi yang tak sesuai keinginan.

"Gini loh berpolitik itu nikmatin saja, jangan sudah dalam kondisi yang tidak pas menyalahkan orang. Mau jadi apa hidup begitu?" ujarnya.

Lebih lanjut, Bahlil mengimbau agar capres-cawapres beradu gagasan, dan meminta PKB untuk konsisten. "Adu gagasan saja, adu konsep, kerja tim yang baik, kaya sekarang kritik IKN. Apa yang mau dikritik? Orang PKB waktu itu setuju, gitu loh, jadi orang yang konsisten aja gitu kan," ujar Bahlil.

"Bahwa harus ada perbaikan ya itulah arti sebuah permerintahan, harus ada proses, tapi bagaimana kita mau tahu bahwa semua itu ada yang tidak sempurna kalau tidak pernah kita lakukan, ini persoalan keberanian melakukan sesuatu," lanjut Bahlil.

Sebelumnya, Cak Imin yang merupakan Ketum PKB menekankan jika partainya sejauh ini masih mendukung UU IKN. Terlebih, menurutnya amanat undang-undang harus dilaksanakan.

"PKB sampai hari ini masih ya, yakin bahwa undang-undang IKN itu harus dilaksanakan," kata Cak Imin, Minggu (26/11) kemarin.

TAG TERKAIT :
Anies Baswedan PKB Cak Imin Muhaimin Iskandar IKN Ibu Kota Nusantara

Berita Lainnya