News

Survei Capres - Cawapres, Elektabilitas Ganjar - Mahfud Masih Kokoh di Jawa Tengah

Rahman Hasibuan - 28/11/2023 11:15

Beritacenter.COM - Berbagai lembaga survei sudah merilis survei untuk pasangan calon presiden - calon wakil presiden yang akan berlaga di Pilpres 2024. Selain di lingkungan nasional, survei juga ada dilakukan di level provinsi.

Salah satu survei di Provinsi Jawa Tengah, elektabilitas pasangan Ganjar - Mahfud masih kokoh berada di puncak mengalahkan dua pasangan lainnya yaitu Prabowo - Gibran dan Anies Baswedan di berbagai lembaga survei.

Keunggulan Ganjar - Mahfud tak lepas dari pengaruh PDIP yang sangat kuat di Jawa Tengah. Sejak beberapa tahun yang lalu, Jawa Tengah identik dengan istilah kandang banteng yang diperoleh PDIP di provinsi tersebut.

Berikut data elektabilitas para pasangan calon di Jawa Tengah dalam beberapa bulan terakhir.


Survei yang dilakukan Indikator Politik, Poltrackin Indonesia, Charta Politika dan LSI dilakukan sepanjang bulan Oktober hingga awal November 2023.

Survei yang mereka lakukan umumnya melibatkan lebih dari 1.000 responden yang telah memilih hak pilih.


Dalam hasil survei Indikator Politik, elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Tengah sudah tinggi sebelum dipasangkan dengan Mahfud MD pada bulan Oktober.

Saat di daftarkan ke KPU bersama Mahfud, belum ada kenaikan elektabilitas yang signifikan.

 


Dalam hasil survei Poltracking Indonesia, elektabiitas Ganjar - Mahfud merupakan yang tertinggi. Akan tetapi, mengalami tren penurunan.

Berbeda dengan pasangan Prabowo - Gibran dan Anies - Muhaimin yang mengalami tren kenaikan dalam sebulan terakhir atau setelah didaftarkan ke KPU.

 

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Survei Survei Indikator Elektabilitas Pasangan Capres dan Cawapres

Berita Lainnya