Nasional

Awali Kampanye dari Sabang-Merauke, Ganjar-Mahfud Komitmen Ratakan Pembangunan-Berantas Kemiskinan

Lukman Salasi - 29/11/2023 12:01

BeritaCenter.COM – Capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, mengawali kampanye Pilpres 2024 dari Sabang dan Merauke.

Mahfud mengatakan Sabang dan Merauke mencerminkan komitmen pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk meratakan pembangunan ekonmi di semua wilayah Indonesia.

"Ini adalah komitmen kami untuk memeratakan pembangunan ekonomi. Ini adalah komitmen kami agar tidak ada lagi masyarakat miskin di Indonesia. Ini juga komitmen untuk mewujudkan kepastian dan perlindungan hukum bagi seluruh elemen bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," kata Mahfud saat berkampanye di Sabang, Aceh, yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Selasa (28/11/2023).

Menko Polhukam RI itu mengatakan alasan lainnya memilih Sabang dan Papua ialah Ganjar-Mahfud memiliki komitmen setia kepada Pancasila dan nilai luhur bangsa. Termasuk, kata dia, menghargai adat dan kearifan lokal di seluruh negeri.

Dalam kampanyenya, Mahfud menekankan pasangan nomor urut 3 itu ingin meningkatkan kesejahteraan guru ngaji dan tenaga pendidik keagamaan lainnya. Selain itu, kata Mahfud, juga ingin mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan nasional.

Ganjar-Mahfud memiliki program unggulan, yakni gaji guru ngaji. Mahfud menjelaskan, sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki sekitar 1 juta guru ngaji. Di Banda Aceh sendiri, ibu kota Provinsi Aceh, ada 1.500 guru ngaji.

Namun, kata Mahfud, guru ngaji selama ini tidak mendapatkan apresiasi yang layak. Padahal, menurutnya, guru ngaji dan tenaga pendidik keagamaan memiliki peran besar dalam membentuk karakter dan akhlak anak-anak.

"Mas Ganjar sudah mengambil inisiatif di Jawa Tengah, memberikan hibah lebih dari Rp 1 triliun untuk insentif guru ngaji dan pendidik keagamaan lainnya. Kebijakan ini akan diluaskan secara nasional. Kelak, setiap guru ngaji dan pendidik keagamaan akan mendapat insentif Rp 1 juta per bulan. Selain itu, mereka juga akan mendapat fasilitas BPJS Kesehatan," tuturnya.

Berita Lainnya