Nasional

KPK Tarik Pengawal Firli Bahuri usai Ditetapkan Tersangka Pemerasan SYL

Baharuddin Kamal - 29/11/2023 11:33
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menarik pengamanan untuk FIrli Bahuri. Penarikan itu dilakukan pasca Firli ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Ya, ini kan sudah dijelaskan, termasuk ini tadi kan bantuan keamanan dan bantuan hukum," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Dia mengatakan, pihaknya juga telah memutuskan untuk tidak memberikan bantuan hukum kepada Firli yang telah ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya. Kata dia, keputusan itu diambil usai KPK menggelar rapat pimpinan lembaga antirasuah.

"Dari hasil pembahasan, pimpinan KPK sepakat untuk tidak memberikan bantuan hukum terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi yang sedang berproses di Polda Metro Jaya," sambungnya.

Ali mengatakan, protokol dan perlindungan diberikan ke pimpinan KPK terkait pelaksanaan tugas. Pimpinan KPK, kata Ali, sepakat perkara yang menjerat Firli tak sesuai peraturan.

"Dan tentu ini sudah dibahas rujukannya ada yaitu Peraturan Pemerintah terkait dengan Hak, Keuangan, Kedudukan, Protokol dan Perlindungan Keamanan Pimpinan KPK ada ketentuan di sana bahwa bantuan hukum dan perlindungan keamanan diberikan terkait dengan pelaksanaan tugas dan wewenang KPK," ujarnya.

 

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri SYL

Berita Lainnya