Politik

Tepis Cak Imin soal Food Estate, PAN Justru Sebut Program Food Estate Wajib Dilanjutkan!

Aisyah Isyana - 03/12/2023 13:44

Beritacenter.COM - Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menyebut program food estate gagal dan tak menghasilkan, hingga mungkin bakal dievaluasi. Merespon hal itu, PAN justru menyebut program itu wajib untuk dilanjutkan.

"Wajib dilanjutkan," kata Waketum PAN, Viva Yoga saat dihubungi, Sabtu (2/12/2023).

Dalam hal ini, Viva menyebut program food estate perlu penyempurnaan. Menurutnya, penyempurnaan itu dilakukan melalui teknologi.

"Dengan penyempurnaan, integrasi, sinkronisasi secara komprehensif melalui IT," ujar Viva.

Lebih lanjut, Viva menyebut food estate menjadi program prioritas capres Prabowo Subianto. Guna menyempurnakan program itu, Viva menyebut mulai dari lahan hingga bibit unggul harus disiapkan.

"Ide food estate adalah menjadi prioritas dari program kerja Pak Prabowo, tetapi program food istate yang disempurnakan secara integratif. Artinya bahwa program ini harus memadukan kesiapan lahan, sumber air, bibit unggul, modernisasi pemeliharaan dan perawatan, efisiensi pasca panen, dan menggunakan teknologi agar lebih efektif," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Cak Imin menyebut program food estate telah gagal dan tidak menghasilkan. Dia menyebut akan mengevaluasi program itu jika menang di Pilpres 2024.

"Food estate terbukti gagal. Setelah dijalankan dan tidak menghasilkan. Sehingga kita pasti evaluasi food estate itu," ujar Cak Imin sehabis menghadiri acara Mukernas MUI di Ancol, Jakarta, Jumat (1/12).

Nantinya, Cak Imin menyebut pihaknya akan menawarkan program yang membuat produktivitas petani di Indonesia lebih tinggi. Dengan begitu, diharapkan distribusi hasil pernantian nantinya dapat lebih maksimal.

"Dengan membuat produktivitas petani kita yang tinggi, menciptakan lahan yang lebih produktif untuk petani kita. Sehingga ketersediaan pupuk dan distribusi hasil pertanian," jelas Cak Imin.

Lebih lanjut, Cak Imin menyebut tugas petani adalah produksi, sementara tugas pemerintah menjaga harga. Sehingga peran Bulog seharusnya seperti masa lalu, guna menjaga kepastian harga dan memastikan penyerapan hasil produksi.

"Itu lebih baik dibanding yang lain. Food estate telah gagal. Ya pasti nggak dilanjutkan," ucapnya.

TAG TERKAIT :
Prabowo Subianto PAN Pilpres 2024 Pemilu 2024 Viva Yoga Food Estate Prabowo-Gibran

Berita Lainnya