Peristiwa

BNPB : 19 dari 47 Pendaki Terdampak Erupsi Merapi Selamat, 28 Orang Belum Turun

Aisyah Isyana - 04/12/2023 09:18

Beritacenter.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut ada sebanyak 47 orang pendaki yang terdampak Gunug Marapi, Minggu (3/12). Sebanyak 19 orang pendaki dilaporkan telah berhasil turun hingga pagi ini.

"Sebanyak 19 pendaki sudah berhasil turun dan diselamatkan oleh tim gabungan. Artinya masih ada 28 pendaki yang belum berhasil turun," kata Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Senin (4/12/2023).

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, menyebut kabar soal seorang pendaki meninggal dunia sejauh ini masih belum dapat dieverifikasi.

Kendati begitu, tim gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian dan pertolongan (search and rescue/SAR) terhadap para pendaki yang masih belum turun. Dia meminta agar masyarkat tak terlalu cepat mengambil kesimpulan yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

"Masih simpang siur. Belum dapat dipastikan," jelas Bambang Warsito.

Bambang menyebut pihaknya bersama BPBD Kabupaten Tanah Datar akan terus berkoodinasi dengan lintas instansi guna memonitor perkembangan di lapangan, termasuk melakukan tindakan cepat jika kembali terjadi aktivitas vulkanik susulan.

Selain itu, BPBD Kabupaten Agam dan Tanah Datar juga mengimbau masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk terus menggunakan masker, menyusul adanya abul vulkanik yang disebabkan erupsi Gunung Marapi. Wisatawan juga dilarang keras untuk melakukan aktivitas diradius 3 kilometer dari kawah utama.

TAG TERKAIT :
Bencana Alam BNPB Gunung Marapi Gunung Marapi Erupsi

Berita Lainnya