News

Koordinasi dengan UNHCR, Polri Pastikan Pengungsi Rohingya Hanya Transit di Aceh

Aisyah Isyana - 05/12/2023 14:44

Beritacenter.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan United Nations High Cimmissioner for Refugees (UNHCR) soal keberadaan pengungsi Rohingya di Aceh. Sigit menyebut, para pengungsi Rohingya itu hanya transit, sebelum nantinya akan menuju negara ketiga.

"Sebelumnya ada kesepakatan ya, bahwa terkait dengan pengungsi-pengungsi yang masuk ke negara transit dan akan ke negara tujuan, maka mau tidak mau kita harus menerima. Namun kita bekerja sama dengan UNHCR," ujar Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Sigit menyebut, tata cara menampung para pengungsi Rohingnya juga sudah ada aturannya. Untuk itu, dia menyebut Indonesia menerima pengungsi Rohingya atas alasan kemanusiaan.

"Di sana sudah ada pengaturannya, berapa lama di negara transit dan berapa lama sampai di negara tujuan yang paling penting," terang Sigit.

"Tentunya kita tetap harus menghormati, menghargai, hak-hak asasi manusia, menghormati warga negara lain yang memang membutuhkan pertolongan kita," sambungnya.

Lebih lanjut, Sigit menyebut saling membantu antar sesama juga merupakan kewajiban. Untuk itu, dia menyebut Indonesia bekerja sama dengan badan internasional agar pengungsi Rohingya dapat segera menuju negara tujuan.

"Kemudian, pada saat berada di Indonesia, tidak jadi masalah saya kira itu. Ini kewajiban kita untuk membantu, bekerja sama dengan badan internasional," ujarnya.

TAG TERKAIT :
POLRI Rohingya Myanmar UNHCR Listyo Sigit Prabowo United Nations

Berita Lainnya