News

Buntut Gibran Bagi-bagi Susu, Bawaslu Imbau Heru Budi untuk Tegas soal Aturan CFD

Aisyah Isyana - 05/12/2023 15:26

Beritacenter.COM - Bawaslu DKI Jakarta mengimbau Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk bertindak tegas terkait larangan kegiatan politik di area car free day (CFD). Adapun hal itu buntut dari adanya kegiatan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, yang membagi-bagikan susu kotak gratis di area CFD akhir pekan kemarin.

"Bawaslu Jakpus mengimbau kepada Pj Gubernur DKI. Jakarta CFD tak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik, apalagi aktivitas kampanye," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo kepada wartawan, Selasa (5/12/2023).

Benny menyebut larangan kegiatan politik di area CFD itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Terlebih, Benny menyebut kegiatan Gibran bagi-bagi susu itu tak ada pemberitahuan ke pihak Bawaslu. Untuk itu, Bawaslu saat ini melakukan kajian terkait hal tersebut.

"Kegiatan (Gibran bagi-bagi susu di CFD) tidak ada pemberitahuan kepada Bawaslu Jakpus. Bawaslu Jakpus kini masih melakukan kajian perihal perkara itu," jelas Benny.

Tak hanya saat bagi-bagi susu di kawasan CFD, Bawaslu DKI juga menelusuri kegiatan Gibran di kawasan Penjaringan, Jakut, beberapa waktu lalu. Pasalnya, Bawaslu DKI menyebut kegiatan Gibran disana diduga melibatkan anak-anak.

"Bawaslu Jakarta Utara juga sedang melakukan kajian terhadap perihal perkara tersebut," ucap Benny.

Adapun kajian yang dilakukan Bawaslu terkait kegiatan Gibran di Jakut itu sebagaimana Pasal 280 ayat 2 huruf K Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Benny menyebut dalam pasal itu menegaskan larangan aktivitas kampanye yang melibatkan anak-anak.

"Pasal 15 huruf A Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyatakan, tidak boleh ada penyalahgunaan anak-anak untuk kegiatan politik," tuturnya.

"Jika aktivitas kampanye Gibran itu terbukti melibatkan anak-anak, maka kita akan memberikan sanksi yang tegas," sambungnya.

TAG TERKAIT :
Bawaslu CFD Gibran Rakabuming Raka Heru Budi Hartono Pilpres 2024 Gibran Bagi-bagi Susu Bawaslu DKI Jakarta Larangan Aktivitas Politik di CFD

Berita Lainnya