Politik

Gibran Absen Dialog Cawapres di TvOne, Begini Kata TKN....

Baharuddin Kamal - 06/12/2023 22:35
Gibran Rakabuming Raka.

Beritacenter.COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka absen dalam acara dialog antar-cawapres yang diselenggarakan TvOne pada malam ini, Rabu (6/12/2023) pukul 20.00 WIB.

Dalam acara itu, hanya cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor 3 Mahfud Md yang dipastikan hadir. Acara itu bertema dialog interaktif cawapres 'mencuri hati' kawula muda dengan panelis Raffi Ahmad dan Effendi Gazali.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menjelaskan tidak ada kewajiban Gibran Rakabuming Raka untuk hadir dalam acara itu. Sebab, yang mengadakan bukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kalau yang undang bukan KPU kan enggak ada kewajiban hadir," kata Nusron lewat pesan singkat.

Nusron membantah anggapan jika putra sulung Presiden Jokowi itu takut hadir untuk berdebat. Dia memastikan Gibran bakal datang pada debat perdana pilpres 2024, Minggu, 12 Desember 2023 nanti. "Tanggal 12 nanti datang," tegas Nusron.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid, menegaskan pasangan Prabowo-Gibran siap berdebat dengan format manapun yang ditentukan sesuai aturan KPU. Bahkan, pihaknya siap bila format debat cawapres menggunakan bahasa Inggris tanpa bawa teks.

"Secara prinsip paslon kami siap debat dengan aturan dan ketentuan yang dibuat KPU. Apapun format yang ditentukan. Bahkan andai KPU menentukan demi kepentingan diplomasi internasional," ucap Nusron dalam keterangannya, Senin (4/12/2023).

"Misal debat antara Cak Imin, Mas Gibran, dan Pak Mahfud dengan bahasa Inggris dan tanpa bawa teks pun, kita siap. Tapi kami tidak mengusulkan itu," pungkas Nusron.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah siap mengikuti debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Sudah, sudah persiapan," kata Gibran Rakabuming Raka, saat ditemui usai bulu tangkis di GBK Arena, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Gibran mengaku telah menampung masukan dari berbagai lapisan masyarakat untuk dibawa dalam debat perdana yang mengambil tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

"Tidak harus dari para ahli, ya. Dari ahli, dari pakar ada, tetapi masukan-masukan dari masyarakat juga kami tampung semua untuk bahan debat nanti," ujar Gibran.

Menurut dia, masukan dari masyarakat sangat berguna untuk menciptakan inovasi-invasi baru sesuai dengan tantangan zaman.

Gibran mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti debat dengan format mana pun sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Aturan KPU seperti apa, kami ikuti," kata Gibran.

TAG TERKAIT :
Berita Center Gibran Rakabuming Raka Gibran TKN Prabowo-Gibran TvOne Gibran Absen Dialog Cawapres TvOne

Berita Lainnya