News

Operasi Pencarian-Evakuasi Korban Erupsi Marapi Ditutup usai 75 Korban Ditemukan

Aisyah Isyana - 07/12/2023 11:42

Beritacenter.COM - Operasi pencarian terhadap puluhan korban erupsi Gunung Marapi telah resmi ditutup jajaran tim relawan gabungan yang dipimpin Polda Sumbar. Upaya pencarian ditutup lantaran sebanyak 75 korban telah berhasil ditemukan dan dievakuasi.

Waka Polda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardiyanto turut mengonfirmasi soal ditutupnya operasi tersebut. Menurutnya, semua instansi yang dilibatkan dalam pencarian korban erupsi Gunung Marapi akan kembali ke kesatuan masing-masing. Sementara ini, jalur pendakian Gunung Marapi juga akan ditutup.

"Mulai malam ini, yang ikut pencarian akan kembali kesatuan masing-masing. Dan juga malam ini kami mulai melarang pendakian di Marapi," Kata Edi pada wartawan, Rabu (6/12/2023).

Edi juga turut membenarkan soal informasi seluruh korban yang dilaporkan hilang sudah ditemukan. Dimana jumlah korban erupsi Gunung Marapi itu berdasarkan data BKSDA Sumbar.

"Korban sudah tidak ada lagi, ini juga target kita mencari 75 orang korban. Jadi sudah komplit untuk jumlah korban yang ditemukan," terang Edi.

Adapun penghentian pencarian ini juga didukung tak adanya laporan terbaru pihak keluarga terkait anggota keluarganya yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi. Meski begitu, dia menyebut posiko pengaduan masih akan dibuka di Bukittinggi.

"Untuk posko pelaporan orang hilang masih kami buka di rumah sakit RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi. Sampai saat ini juga tidak ada warga yang melaporkan keluarganya hilang akibat erupsi Marapi," jelasnya.

Dari data yang dihimpun, korban terakhir yang ditemukan tim gabungan telah diidentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumbar. Korban diketahui bernama Siska Afrina mahasiswa UNP asal Solok Selatan, yang ditemukan di sektiaran kawah Gunung Marapi. Adapun total korban ntewas akibat erupsi Marapi, yakni mencapai sebanyak 23 orang.

TAG TERKAIT :
Polda Sumbar Gunung Marapi Korban Erupsi Marapi Pencarian Korban Erupsi Marapi Erupsi Gunung Marapi

Berita Lainnya