Politik

Capres Anies Menanggapi Kasus Intimidasi Yang Dialami Seniman Butet

Suci Irana - 07/12/2023 15:08

Beritacenter.COM - Calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Rosyid Baswedan ikut menanggapi kasus dugaan intimidasi yang dialami seniman Butet Kartaredjasa saat pentas teater di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Desember 2023.

Menurut Anies, seharusnya tidak ada intimidasi karena di Indonesia ada asas demokrasi dan kemerdekaan mengungkapkan pendapat.

"Saya ingin sampaikan secara umum, di Indonesia kita memiliki demokrasi dan kemerdekaan mengungkapkan pendapat, jadi menurut saya semua bebas termasuk kegiatan teater," kata Anies di Lampung, Kamis, 7 Desember 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, kegiatan teater merupakan ekspresi yang dilakukan berdasarkan kenyataan yang ada di tengah mesyarakat Ekspresi tersebut harusnya tak dibatasi, terlebih oleh aparat negara.

oleh karenanya, ia menegaskan agar tak ada lagi resistensi pengungkapan ekspresi, terlebih acara seni seperti drama teater.

"JAngan sampai negara ini diatur hanya boleh hal-hal yang enak dikuping negara tapi yang enak di kuping rakyat tapi tidak enak dikuping negara tidak boleh diungkapkan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, gelaran pentas seni karya Butet Kartaredjasa dan Agus Noor disebut-sebut mendapat intimidasi dari pihak kepolisian.

Pertunjukan teater tertajuk "Musuh Bebuyutan" itu digelar di Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 1 November 2023.

Butet angkat bicara usai mementaskan pertunjukan teater pada Jumat lalu. Butet menyebut, ia diminta menandatangani surat pernyataan oleh polisi.

"Pertunjukan kali ini setelah 41 kali kami main, baru kali ini saya harus membuat surat pernyataan tertulis kepada polisi," kata Butet.

Melalui surat pernyataan itu, Butet diminta berkomitmen dalam pertunjukannua tidak ada unsur politik.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Anies Baswedan

Berita Lainnya