News

Bawaslu Dapati Adanya Indikasi Pelanggaran saat Deklarasi Relawan Prabowo di Bandung Barat

Rahman Hasibuan - 07/12/2023 18:20


Beritacenter.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung barat (KBB) mendapati adanya indikasi pelanggaran saat deklarasi relawan Prabiwo Mania 08 Bandung Barat.

Deklarsi itu dilakukan pada Minggu (3/12/2023) lalu di Lapangan Desa Magalaksana, Kecamatan Cipendeuy, KKB.

Ketua Bawaslu KKB Riza Nasrul Falah Sopandi mengatakan dalam deklarasi Prabowo Mania 08 Bandung Barat itu pihak penyelenggara membagikan doorprize beruapa mesin cuci, kulkas, sepeda dan beberapa alat lainya.

"Yang menariknya, alasan merekan ada izin Bawaslu. Padahal kami tanpa ada agenda pembagian doorprize. Bahkan izin dari Polres pun juga tidak ada pembagian doorprize" kata Riza saat dihubungi, Kamis (7/12/2023).

Pembagian doorprize itu, kata dia merupakan indikasi pelanggaran karena ada barang - barang yang jika dikonversi menjadi rupiah nilainya lebih dari Rp 100.000. Barang barang itu adalaha mesin cuci, kulkas, sepeda dan beberapa materi lainnya.

Bawaslu menilai tim suskses Prabowo 08 Bandung Barat melanggar Pasal 523 Undang - Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Sanksinya di Pasal 523 bisa kena pidana. Di sana disebutkan tim kampanye pemilu yang dengan sengaja menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye sebagaimana yang dimaksud pasal 280 ayat (1) huruf j, bisa dipidana" ujarnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Bawaslu Pelanggaran Deklarasi Prabowo

Berita Lainnya